Struktur Organisasi PAUD/ TK/ KB/ TPA Beserta Tugas dan Wewenangnya

Dalam postingan kali ini Blog SoalSiswa akan berbagai tentang Struktur Organisasi PAUD yang berlaku juga untuk lembaga sejenisnya seperti TK, Kelompok Bermain, TPA, dll. Struktur organisasi ini tentu sangat diperlukan memperjelas garis komando yang menyangkut Sebagai apa, Tugas apa, dan Bertanggungjawab kepada siapa?. Contoh bagan struktur organisasi PAUD ini dibuat dalam bentuk pdf dan docx dan disimpan dalam google drive sehingga mudah untuk didownload dan tentunya bebas virus.

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, struktur organisasi paud ini terdiri dari Pembina PAUD yang posisinya paling atas, kemudian dibawahnya ada Penasehat PAUD yang bisa diisi oleh orang lembaga (jika bernaung kepada lembaga). Setelah itu ada Pengelola PAUD/ Ketua PAUD yang dibawahnya terdapat seorang Wakil Kepala/ Ketua PAUD, dan dilengkapi dengan Bendahara dan Sekertaris PAUD untuk urusan keuangan dan kesekretariatan. Baru setelah itu ada kelompok guru PAUD yang jumlahnya bisa berbeda-beda tiap PAUD dan bisa juga dimasukan peserta didik diposisi paling bawah.

https://soalsiswa.blogspot.com- Struktur Organisasi PAUD/ TK/ KB/ TPA Beserta Tugas dan Wewenangnya


Tentu dengan adanya jabatan tersebut melekat juga berbagai tugas dan wewenang tiap jabatan tersebut. Untuk masing-masing Tupoksinya lihat uraian dibawah :

Tugas Pembina PAUD

Petugas Pembina untuk Program PAUD adalah dari unsur UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan dan lembaga penyelenggara PAUD (Penasehat) yang bersangkutan. Untuk kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh petugas Dinas Pendidikan terbatas pada lingkup pembinaan program PAUD.

Tugas Kepala PAUD / Wakilnya

  • Menyusun rencana program dan kegiatan tahunan yang menjadi tanggung jawabnya, dengan melibatkan pendidik PAUD.
  • Mengorganisasikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan program pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, guru pendamping, pengasuh.
  • Melakukan pembinaan terhadap program dan kegiatan yang diselenggarakan guru, guru pendamping, dan pengasuh.
  • Melakukan kerjasama dengan penanggung jawab program lainnya dalam rangka mutu layanan PAUD di lembaga PAUD Terpadu.

Tugas Tenaga Pendidik PAUD

  • Menyusun persiapan pembelajaran
  • Melaksanakan program pembelajaran
  • Melakukan penilaian pembelajaran
File tersebut dapat anda edit dan print sesuai dengan nama pengisi jabatan atau juga ada unsur tambahan untuk jabatan lainnya. Semoga File Struktur Organisasi PAUD dapat bermanfaat buat anda dalam rangka pembenahan lembaga PAUD kita supaya lebih profesional dalam penanganannya. Kritik dan saran dapat anda cantumkan dalam kolom komentar dibawah. 

Download Juga : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel