RPP Hidrokarbon dan Minyak Bumi
23/11/16
(RPP)
Nama Sekolah : SMA N .......................
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi
Alokasi Waktu : 3 pertemuan, 12 JP 45 menit
I. KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI DASAR
3.1. Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
3.2. Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
3.3. Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
4.1. Mengolahdanmenganalisisstrukturdansifatsenyawahidrokarbonberdasarkanpemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongansenyawanya.
4.2. Menyajikan hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.
4.3. Menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
III. INDIKATOR PEMBELAJARAN
Kognitif
a. Mengidentifikasi unsur C dan H dalam senyawa hidrokarbon melalui percobaan.
b. Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
c. Membedakan atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuartener.
d. Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
e. Memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
f. Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya.
g. Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans).
h. Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
i. Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
j. Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
k. Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
l. Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
m. Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
Psikomotor
a. Merangkaidan menggunakan set alat dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C dan H dalam senyawa karbon secara teliti.
b. Menyajikan data hasil diskusi kelompok mengenai proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya secara sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi Prasyarat
o Ikatan kimia
2. Materi Inti
o Senyawa hidrokarbon (identifikasi unsur C dan H).
o Kekhasan atom karbon.
o Atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuartener.
o Struktur alkana, alkena, dan alkuna.
o Isomer.
o Sifat-sifat fisik alkana, alkena, dan alkuna.
o Fraksi-fraksi minyak bumi.
o Mutu bensin.
o Dampak pembakaran bahan bakar dan cara mengatasinya.
o Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pertemuan Pertama
Kegiatan Pembelajaran | Langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | Pendahuluan o Siswa menjawab salam dan berdo’a. o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru. o Siswa dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah diatur guru. Apersepsi o Siswa meninjau kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai ikatan kimia. Motivasi o Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai peristiwa yang terjadi pada pembakaran kertas. | 5 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati o Siswa mengamati gambar berbagai macam contoh senyawa hidrokarbon: alkohol, gula, air, propana (dalam LPG), dan lain-lain. o Siswa diberikan fakta bahwa senyawa hidrokarbon memiliki kekhasan ketika diuji melalui pembakaran. Menanya o Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan: - Mengapa senyawa hidrokarbon banyak sekali terdapat di alam? - Senyawa apa yang terbentuk pada reaksi pembakaran hidrokarbon? Mengumpulkan Data o Setiap kelompok siswa menerima LKS praktikum yang dibagikan oleh guru. o Siswa membaca dan menelaah LKS yang telah diberikan oleh guru dengan materi yang sama setiap kelompoknya yakni mengenai Identifikasi Unsur C dan H dalam Senyawa Organik. o Siswa melakukan praktikum sesuai dengan langkah kerja pada LKS. o Siswa mengerjakan soal-soal pada LKS berdasarkan hasil praktikum. o Siswa menganalisis peristiwa yang terjadi pada pembakaran senyawa hidrokarbon berdasarkan hasil pengamatan. Mengasosiasi o Siswa menyimpulkan keberadaan unsur C dan H berdasarkan data hasil praktikum. Mengamati o Siswa mengamati ikatan yang terdapat pada atom C melalui model molymood yang didemonstrasikan oleh guru. Menanya o Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan: o Apa keunggulan atom karbon dalam membentuk ikatan? Mengumpulkan Data o Setiap kelompok siswa mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam membentuk ikatan dan mengalisis jenis atom C berdasarkan jumlah atom C yang terikat pada rantai atom karbon (atom C primer, sekunder, tersier, dan kuartener). Mengasosiasi o Siswa menghubungkan kelimpahan senyawa yang dapat terbentuk melalui penggabungan ikatan atom-atom karbon. o Siswa menyimpulkan bahwa sampel yang diuji dalam praktikum identifikasi keberadaan unsur C dan H merupakan contoh dari senyawa hidrokarbon. Mengkomunikasikan o Perwakilan dari setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisan di depan kelas. | 10 menit 60 menit 5 menit 5 menit 50 menit 10 menit 30 menit |
Kegiatan Akhir | Penutup o Siswa mengumpulkan salah satu LKS praktikum dalam kelompoknya pada guru. o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi pembelajaran yang masih belum jelas. o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. o Siswa diberi tugas untuk melaporkan hasil percobaan yang telah dilakukan untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya serta membaca mengenai Struktur Senyawa Hidrokarbon: Alkana, Alkena, dan Alkuna. o Siswa berdo’a. o Siswa menjawab salam penutup. | 5 menit |
B. Pertemuan Kedua
Kegiatan Pembelajaran | Langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | Pendahuluan o Siswa menjawab salam dan berdo’a. o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru. o Siswa dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah diatur guru. Apersepsi o Siswa meninjau kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai kekhasan atom karbon dan jenis atom karbon. Motivasi o Siswa diberikan fakta mengenai manfaat dari produk-produk senyawa hidrokarbon. Berbeda nama produk, maka kegunaan dan manfaatnya pun akan berbeda. Untuk mengenal produk-produk hidrokarbon, maka kita harus mengetahui nama-nama dari senyawa-senyawa tersebut. | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati o Siswa memperhatikan rangkaian molymood dari beberapa contoh senyawa hidrokarbon yang didemonstrasikan oleh guru. o Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai tata nama senyawa hidrokarbon Menanya o Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan: - Bagaimana cara mengelompokkan senyawa hidrokarbon? Mengumpulkan Data o Setiap kelompok siswa menerima LKS non eksperimen yang dibagikan oleh guru. o Siswa membaca dan menelaah LKS yang telah diberikan oleh guru dengan materi yang sama setiap kelompoknya yakni mengenai Struktur Alkana, Alkena, dan Alkuna: Isomer dan Sifat Fisik. o Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan sumber informasi yang dimiliki. Mengasosiasi o Siswa menguhubungkan struktur hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna dengan sifat fisiknya berdasarkan grafik jumlah atom C terhadap titik didihnya. Mengkomunikasikan o Perwakilan dari setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisan dan tertulis di depan kelas. o Siswa dikondisikan untuk duduk berkelompok kembali, kemudian guru memberikan kuis yang terdiri dari 10 soal mengenai tata nama senyawa hidrokarbon untuk seluruh siswa secara individu. | 35 menit 65 menit 5 menit 35 menit 20 menit |
Kegiatan Akhir | Penutup o Siswa mengumpulkan salah satu LKS non eksperimen dalam kelompoknya beserta jawaban kuis setiap individu dalam satu bundel pada guru. o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi pembelajaran yang masih belum jelas. o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. o Siswa diberi latihan soal untuk dikerjakan diluar kegiatan pembelajaran, dan membaca mengenai Minyak Bumi dan Gas Alam serta mengumpulkan artikel mengenai dampak dan penanggulangan konsumsi minyak bumi dan gas alam dari berbagai sumber untuk dibawa pada pertemuan selanjutnya. o Siswa berdo’a. o Siswa menjawab salam penutup. | 10 menit |
C. Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pembelajaran | Langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | Pendahuluan o Siswa menjawab salam dan berdo’a. o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru. o Siswa dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah diatur guru. Apersepsi o Siswa meninjau kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai senyawa hidrokarbon. Motivasi o Siswa diberikan fakta mengenai peran hidrokarbon dalam mengatasi kebutuhan sehari-hari manusia, antara lain dalam memasak, berkendaraan, industri, dan lain-lain. Sumber dari bahan-bahan tersebut merupakan minyak bumi. | 5 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati o Siswa memperhatikan gambar produk-produk yang bersumber dari minyak bumi dan gas alam, seperti gas LPG, BBM, lilin, cat, pelumas, tar, dan lain-lain. Menanya o Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan: - Bagaimana proses pembuatan produk-produk yang telah ditampilkan? - Apa saja manfaat minyak bumi selain itu? - Bagaimana dampak dari pembakaran bahan bakar yang bersumber dari minyak bumi? - Apa alternatif untuk mengganti bahan bakar yang bersumber dari eneri fosil? Mengumpulkan Data o Setiap kelompok siswa mendiskusikan mengenai proses pembentukan dan pengolahan minyak bumi dan gas alam. o Siswa menuliskan hasil diskusinya pada kertas folio yang telah disediakan sebelumnya. Mengasosiasi o Siswa menyimpulkan proses eksplorasi minyak bumi dan komponen minyak bumi. o Siswa menyimpulkan macam-macam proses pengolahan minyak bumi. o Siswa menghubungkan kualitas bensin dengan bilangan oktan. o Siswa menguhubungkan titik didih senyawa hidrokarbon dengan fraksi-fraksi yang dihasilkan dari proses penyulinganminyak bumi. Mengkomunikasikan o Perwakilan dari setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisan di depan kelas. o Siswa dikondisikan duduk berkelompokuntuk melaksanakan debat (pro dan kontra) berkaitan dengan bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi, bioetanol. - Pro: “Bioetanol merupakan energi terbarukan yang mampu meminimalisasi dampak pembakarannya terhadap lingkungan.” - Kontra: “Produksi bioetanol memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan dilihat dari praktik pembakaran ladang, kerusakan tanah, serta penggunaan air dalam jumlah sangat besar.” | 5 menit 60 menit 10 menit 30 menit 60 menit |
Kegiatan Akhir | Penutup o Siswa mengumpulkan salah satu LKS non eksperimen dalam kelompoknya. o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi pembelajaran yang masih belum jelas. o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. o Siswa diberi latihan soal untuk dikerjakan diluar kegiatan pembelajaran dan tugas membuat laporan hasil debat secara individu, serta membaca mengenai Termokimia: Reaksi Eksoterm dan Endoterm. o Siswa berdo’a. o Siswa menjawab salam penutup. | 10 menit |
V. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap ( dengan lembar pengamatan )
b. Penilaian Pengetahuan :
Tes Tertulis
c. Penilaian Ketrampilan
Produk :
2. Instrumen PenilaianVI. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
a. Power point mengenai senyawa hidrokarbon
b. ……………………………….
c. ……………………………….
2. Alat :
Alat: | Bahan: |
o Lumpang dan alu o Spatula o Tabung reaksi o Statif o Klem o Pipa penghubung o Sumbat berlubang o Gelas kimia o Pembakar spiritus o Molymood | o Gula o Nasi o Singkong o Serbuk CuO o Air kapur o Kertas kobalt(II) |
3. Sumber Pembelajaran :
a. Buku Kimia terkait
b. Artikel terkaitnya
Instrumen Penilaian
· Instrumen Penilaian Kognitif
Tujuan Pembelajaran | Soal | Skor | ||||||
a. Siswa dapat mengidentifikasi unsur C & H dalam senyawa hidrokarbon melalui percobaan. | 1. Untuk mengidentifikasi adanya unsur karbon dan hidrogen dalam senyawa hidrokarbon, dilakukan percobaan dengan memanaskan sampel yang dicampur CuO dan menguhubungkannya dengan bejana berisi air kapur. Pengamatan apa yang menunjukkan adanya unsur karbon? a. Adanya bintik-bintik cairan pada tabung reaksi b. Kertas kobalt(II) klorida anhidrat berwarna merah c. Adanya penambahan CuO d. Adanya gas CO2 ditandai dengan keruhnya air kapur e. Menghasilkan uap air 2. Dari soal no.1, pengamatan apa yang menunjukkan adanya unsur hidrogen? a. Adanya bintik-bintik cairan pada gelas kimia b. Kertas kobalt(II) klorida anhidrat berwarna merah c. Adanya penambahan CuO d. Adanya gas CO2 ditandai dengan keruhnya air barit e. Menghasilkan uap air | 10 10 | ||||||
b. Siswa dapat mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon. | 3. Unsur karbon dapat membentuk berbagai macam senyawa. Sifat ini merupakan kekhasan atom karbon, yaitu……. a. Berupa zat padat yang stabil pada suhu kamar b. Mempunyai konfigurasi elektron yang sudah stabil c. Bentuk ruang semua senyawa karbon adalah tetrahedral d. Dapat membentuk senyawa kovalen hanya dengan atom yang sejenis e. Mempunyai empat elektron valensi yang dapat berikatan kovalen dengan atom sejenis atau atom lain | 10 | ||||||
c. Siswa dapat membedakan atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuartener. | 4. Dari struktur dibawah ini jumlah atom C primer ada….. H H H H C C C H H H H a. 5 b. 4 c. 3 d. 2 e. 1 5. Dari soal no. 4 ada berapakah jumlah atom C sekunder? a. 5 b. 4 c. 3 d. 2 e. 1 6. Ada berapakah jumlah atom C tersier pada senyawa dibawah ini? CH3 CH3 C CH CH3 CH3 CH3 a. 5 b. 4 c. 3 d. 2 e. 1 7. Dari soal no. 6 berapakah jumlah atom C kuarterner? a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 8. Tunjukkan pada nomor berapa adanya atom C primer? 9 H2 H2 H2 H3C 8 C 6 C 4 C C 7 C 5 CH CH3 H2 H2 3CH2 2 H2C 1 CH3 a. 1 dan 2 b. 1 dan 4 c. 1 dan 6 d. 1 dan 9 e. 1,2, dan 3 9. Ada berapakah jumlah atom C kuarterner? H3C CH CH2 H2CCH3 H3C C CH3 H2C CH CH2 H2C CH3 CH3 a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 10. Dari soal no. 9berapa jumlah atom C tersier? a. 5 b. 4 c. 3 d. 2 e. 1 | 10 10 10 10 10 10 10 | ||||||
d. Siswa dapat mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan. | 1. Rumus umum golongan alkuna adalah .... a. CnH2n b. CnH2n+2 c. CnH2n-2 d. CnHn e. CnH2n.CnHn-1 2. Perhatikan kelompok senyawahidrokarbon berikut: 1. C2H2; C3H4; C4H6 2. C2H4; C3H6; C3H8 3. C2H4; C3H6; C4H8 4. C2H6; C3H8; C4H10 5. C2H6; C3H8; C4H6 Rumus hidrokarbon yang merupakanpasangan kelompok senyawa tidakjenuh adalah ….. a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4 e. 4 dan 5 3. Dari senyawa berikut ini, yang tergolong alkena adalah .... a. C3H4 b. C3H6 c. C3H8 d. C4H6 e. C4H10 | 10 10 10 | ||||||
e. Siswa dapat memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna. | 4. Tentukan nama untuk senyawa berikut: a. 2-metil-5-etiloktana b. 2-metil-5-propilheptana c. 4-etil-7-metilokatana d. 5-etil-2-metiloktana e. 3-propil-6-metilheptana | 10 | ||||||
f. Siswa dapat menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya. | 5. Perhatikan tabel sifat fisik alkana berikut:
Senyawa yang berwujud gas pada suhu kamar adalah ..... a. Butana b. Pentana c. Heksana d. Heptana e. Oktana 6. Alkana berikut yang memiliki titik didih paling tinggiadalah ..... a. C5H12 b. C8H18 c. C10H22 d. C12H24 e. C18H38 | 10 10 | ||||||
g. Siswa dapat menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans). | 7. C5H8 memiliki isomer posisi sebanyak ..... a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6 8. Senyawa yang merupakan isomer struktur dari pentana adalah .... a. 2-metil-pentana b. 3-metil-butana c. 1,1-dimetil propana d. 2,3-dimetil propana e. 2,2-dimetil propana 9. Isomer cis-trans dapat terjadi pada senyawa .... a. Alkana b. Alkena c. Alkuna d. Sikloalkana e. Alkohol 10. Senyawa yang mempunyai isomer cis-trans adalah .... b. CH2=CH2 b. CH3CH=CH2 c. CH3CH=CHCH3 d. C(CH3)2=CH2 e. C(CH3)2=C(CH3)2 | 10 10 10 10 | ||||||
h. Siswa dapat mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam. | 1. Jelaskan menurut pemahaman Anda proses pembentukan minyak bumi dan gas alam! Jawaban: Minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil hewan dan tumbuhan yang hidup di laut dan tertimbun selama berjuta-juta tahun lampau. Akibat pengaruh tekanan dan suhu bumi yang tinggi, lapisan-lapisan lumpur dan pasir berubah menjadi batuan. Akibat tekanan dan panas bumi, fosil hewan dan tumbuhan yang terjebak di lapisan batuan secara perlahan berubah menjadi minyak mentah dan gas alam. 2. Jelaskan proses eksplorasi minyak bumi! Jawaban: Tahap pertama eksplorasi minyak bumi adalah mencari petunjuk dipermukaan bumi seperti adanya lipatan-lipatan batuan.Hasil pengamatannya kemudian diselidiki menggunakan pancaran gelombangseismik.Gelombang seismik diciptakan menggunakan ledakan kecil. Ledakanini akan menghasilkan gelombang dan mengirimkannya sampai kedalamantertentu. Jika ada struktur batuan yang menggelembung, gelombang akan dipantulkan kembali. Pantulan ini dapat dideteksi olehsensor sehingga dapat diketahui secara akurat posisi minyak bumi. | 10 10 | ||||||
i. Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi. | 3. Sebutkan komponen utama hidrokarbon yang terkandung dalam minyak mentah! Jawaban: Sebagian besar komponen hidrokarbon dalam minyak mentah terdiri atas hidrokarbon jenuh, alifatik, dan alisiklik. | 10 | ||||||
j. Siswa dapat menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi. | 4. Lengkapi skema penyulingan minyak mentah dengan menyebutkan fraksi-fraksi yang ditunjukkan dengan nomor berikut: Jawaban: 1. Gas; 2. Gasolin; 3. Kerosin; 4. Diesel; 5. Pelumas; 6. Residu. 5. Jelaskan prinsip dasar fraksionasi minyak mentah! Jawaban: Prinsip dasar dalam fraksionasi minyak mentah adalah perbedaan titik didih fraksi-fraksi dalam minyak mentah. Fraksi minyak mentah yang memiliki massa molekul rendah merupakan yang pertama kali keluar. | 10 10 | ||||||
k. Siswa dapat membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya. | 6. Zat aditif yang ditambahkan untuk menaikkan bilangan oktan (mutu) bensin adalah... a. Isooktana b. n-heksana c. Nafta d. Tetra etil timbal e. Siklopentana 7. Campuran hidrokarbon yang digunakan sebagai standar bilangan oktan adalah ..... a. isooktana dan n-butana b. n-heptana dan isooktana c. 2,2,4-trimetilheptana dan n-pentana d. isooktena dan 2,2,4-trimetilpentana e. n-heptana dan n-pentana 8. Komposisi bensin premium dengan bilangan oktan 80 adalah ..... a. 20% n-heptana dan 80% isooktana b. 20% isooktana dan 80% n-heptana c. 20% n-heksana dan 80% isooktana d. 20% isooktana dan 80% n-heksana e. 20% n-pentana dan 80% isooktana | 10 10 10 | ||||||
l. Siswa dapat menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan. | 9. Perhatikan senyawa-senyawa berikut: 1. CO2 2. CO 3. SO2 4. H2SO4 5. CH4 Manakah yang merupakan polutan yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna minyak bumi? a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 5 e. 3 dan 4 | 10 | ||||||
m. Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika. | 10. Perhatikan tabel berikut:
Fraksi no. 3 digunakan untuk ..... a. Bahan bakar pesawat dan disesel b. Bensin premium c. Pembuatan LPG d. Bahan baku plastik e. Pembuatan parafin | 10 |
· Instrumen Penilaian Afektif
Penilaian afektif menggunakan lembar observasi yang terlampir pada Pedoman Penilaian,Self Assessment, dan Peer Assessment.
· Instrumen Penilaian Psikomotor
Penilaian psikomotor menggunakan lembar observasi praktikum yang terlampir pada Pedoman Penilaian
3. Pedoman Penilaian
· Penilaian Pengetahuan
Tabel penilaian hasil tes
No. | Nama siswa | Nomor soal | Skor | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||
1. | ||||||||||||
2. | ||||||||||||
3. | ||||||||||||
4. | ||||||||||||
5. | ||||||||||||
Dst. |
Nilai = ×100 |