RPP kimia kelas XI Asam Basa Kurikulum K 13
23/11/16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA NEGERI .........................
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI MIA/Dua
Materi pokok : Asam Basa
Sub Materi : Perkembangan Konsep Asam Basa
Alokasi Waktu : 3 JP ( 1 TM)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.10 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan
3.10.1 Menjelaskan konsep asam basa menurut Arhenius
3.10.2 Menjelaskan konsep asam basa menurut Bronsted-Lowry
3.10.3 Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu persamaan reaksi asam basa Bronsted-Lowry
3.10.4 Menjelaskan konsep asam basa menurut Lewis
3.10.5 Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu persamaan reaksi asam basa Lewis
4.10 Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.
4.10.1 Terampil menyimpulkan hasil diskusi asam basa dalam bentuk laporan
D. Materi Pembelajaran
Perkembangan konsep asam dan basa
- Konsep asam basa Arhenius
Asam adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+). Asam umumnya merupakan senyawa kovalen. Misalnya gas hidrogen klorida yang merupakan senyawa kovalen, tetapi apabila dilarutkan ke dalam air akan terurai menjadi ion-ionnya.
HCl(aq) + H2O(l) H+(aq) + Cl–(aq)
Ion H+ tidak berupa proton bebas akan tetapi terikat pada molekul air, membentuk H3O+(aq) (ion hidronium). Akan tetapi untuk kepraktisan di sini kita akan menuliskannya
sebagai H+ saja.
Basa adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion OH–. Yang menyebabkan sifat basa adalah ion OH–.
Contoh:
NaOH merupakan suatu basa sebab dapat melepaskan OH– jika dilarutkan ke dalam
air.
NaOH(aq) →Na+(aq) + OH–(aq)
- Konsep asam basa Bronsted-Lowry
` Teori Arrhenius ternyata hanya berlaku pada larutan dalam air. Teori ini tidak dapat menjelaskan fenomena pada reaksi tanpa pelarut atau dengan pelarut bukan air. Pada tahun 1923, Brönsted – Lowry mengungkapkan bahwa sifat asam – basa ditentukan oleh kemempuan senyawa untuk melepas / menerima proton (H+). Menurut Brönsted – Lowry, asam adalah senyawa yang memberi proton (H+) kepada senyawa lain.
Contoh : HCl + H2O --> H3O+ + Cl-
Sedangkan basa adalah senyawa yang menerima proton (H+) dari senyawa lain.
Contoh : NH3 + H2O --> NH4+ + OH-
Dalam larutan, asam / basa lemah akan membentuk kesetimbangan dengan pelarutnya. Misalnya HF dalam pelarut air dan NH3 dalam air.
Pasangan a1 – b2 dan a2 – b1 merupakan pasangan asam – basa konjugasi.
Ø Asam konjugasi : asam yang terbentuk dari basa yang menerima proton
Ø Basa konjugasi : basa yang terbentuk dari asam yang melepas proton
Teori Brönsted – Lowry memperkenalkan adanya zat yang dapat bersifat asam maupun basa, yang disebut sebagai zat amfoter. Contohnya adalah air. Di dalam larutan basa, air akan bersifat asam dan mengeluarkan ion positif (H3O+). Sedangkan dalam larutan asam, air akan bersifat basa dan mengeluarkan ion negatif (OH-).
- Konsep asam basa Lewis
Menurut Lewis,
Ø Asam : - senyawa yang menerima pasangan elektron senyawa dengan elektron valensi.
Ø Basa : - senyawa yang mendonorkan pasangan elektron mempunyai pasangan elektron bebas
Contoh : Reaksi antara NH3 dan BF3
H3N : + BF3 --> H3NÃ BF3
Nitrogen mendonorkan pasangan elektron bebas kepada boron. Pasangan elektron bebas yang didonorkan ditandai dengan tanda panah antara atom nitrogen dan boron.
Kelebihan teori Lewis ini adalah dapat menjelaskan reaksi penetralan yang dilakukan tanpa air. Misalnya pada reaksi antara Na2O dan SO3. Menurut Arrhenius, reaksi penetralan ini harus dilakukan dalam air.
Ø Asam : - senyawa yang menerima pasangan elektron senyawa dengan elektron valensi.
Ø Basa : - senyawa yang mendonorkan pasangan elektron mempunyai pasangan elektron bebas
Contoh : Reaksi antara NH3 dan BF3
H3N : + BF3 --> H3NÃ BF3
Nitrogen mendonorkan pasangan elektron bebas kepada boron. Pasangan elektron bebas yang didonorkan ditandai dengan tanda panah antara atom nitrogen dan boron.
Kelebihan teori Lewis ini adalah dapat menjelaskan reaksi penetralan yang dilakukan tanpa air. Misalnya pada reaksi antara Na2O dan SO3. Menurut Arrhenius, reaksi penetralan ini harus dilakukan dalam air.
E. Strategi Pembelajaran Pembelajaran:
a. Pendekatan : Saintifik
b. Model : Problem Based Learning (direkomendasikan menggunakan model lain)
c. Metode : Tanya jawab, diskusi, dan penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media belajar : Power point
b. Alat : Lembar Diskusi Siswa (LDS)
c. Sumber Belajar : Buku KIMIA Kurikulum 2013 SMA Kelas XI
Buku KIMIA sumber lain yang relevan
Internet
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Langkah-langkah PBL | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahu-luan | Orientasi siswa pada masalah Mengorgani-sasi siswa dalam belajar | - Siswa Berdoa - Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar - Prasyarat: Siswa menyelesaikan persamaan reaksi ionisasi dari HCl dan NaOH - Memotivasi siswa dengan memperlihatkan buah jeruk dan pare. - Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajariperkembangan konsep asam basa - Membentuk kelompok belajar secara heterogen - Peserta didik menerima informasi kegiatan yang harus dilakukan, yaitu untuk mendiskusikanperkembangan konsep asam basa yang informasinya dibaca pada buku kimia kelas XI atau dari internet melalui handphone dengan situshttps://hendragurukimia.wordpress.com | 20 menit |
Kegiatan Inti | Membimbing penyelidikan siswa Mengembang-kan dan menyajikan hasil karya | - Mendiskusikan perkembangan konsep asam basa - mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu reaksi asam basa Bronsted Lowry dan Lewis melalui diskusi - Mengaplikasikan konsep asam basa ke dalam soal. - Membuat laporan secara sistematis dan benar | 80 menit |
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | - Diskusi kelas untuk menganalisis hasil pemecahan masalah dan menyamakan persepsi perkembangan konsep asam basa berikut contoh asam basa menurut Arhenius, Bronsted Lowry dan Lewis. | 20 menit | |
· Penutup | · | - Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran - Guru bersama siswa menyimpulkan perkembangan konsep asam basa - Guru memberikan penghargaan kepada kelompokyang berkinerja baik - penugasan | 15 menit |
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik penilaian
No | Aspek | Teknik | Bentuk Instrumen |
1. | Sikap | - Observasi diskusi kelompok | - Lembar Observasi - Penilaian Diri - Penilaian antar Peserta didik - Jurnal |
2. | Pengetahuan | - Penugasan - Tes Tertulis | - Soal Penugasan - Soal Uraian |
3. | Keterampilan | - | - portofolio |
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen Penilaian Sikap
Indikator:
· Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran
· Menunjukkan sikap kritis, rasa ingin tahu, ulet, bertanggung jawab
a) Observasi
No | Nama Siswa | Mengamalkan ajaran agama | kritis | Rasa ingin tahu | ulet | Bertanggung jawab | JumlahSkor |
1. | ................ | ||||||
2. | ................ | ||||||
... |
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3, jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut
PREDIKAT | NILAI |
Sangat Baik ( SB) | 80 ≤ AB ≤ 100 |
Baik (B) | 70 ≤ B ≤ 79 |
Cukup (C) | 60 ≤ C ≤ 69 |
Kurang (K) | <60 |
Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik pada setiap selesai mempelajari satu KDatau pada saat telah menyelesaikan tugas tertentu,
No | Pernyataan | Sudah memahami | Belum memahami |
1. | Memahami asam basa menurut Arhenius | ||
2. | Memahami asam basa menurut Bronsted-Lowry | ||
3. | Memahami asam basa menurut Lewis |
c) Antar Peserta Didik
Penilaian antar Peserta Didik
Topik/Subtopik: Perkembangan konsep asam basa Tanggal Penilaian: ..................................... | Nama Teman yang dinilai: ........................ Nama Penilai:............................................ |
Amati perilaku temanmu dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran Kimia
- Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
No | Perilaku | Dilakukan/muncul | |
YA | TIDAK | ||
1. | Mau menerima pendapat teman | ||
2. | Memaksa teman untuk menerima pendapatnya | ||
3. | Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan | ||
4. | Mau bekerjasama dengan semua teman | ||
5. | Menyontek pekerjaan teman | ||
6. | Mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok | ||
7. | Mengumpulkan tugas tepat waktunya |
Pengolahan Penilaian:
1. Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no 1. 2dan 4) dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perlaku positif ya= 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1 dan Tidak = 2
2. Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
No | Nama | Skor Perilaku | Jumlah | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | ……. | |||||||
2 | ||||||||
3 |
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
d) Jurnal
JURNAL
Nama Peserta Didik: …………...........................................……..
Kelas: .....................................................................................
Aspek yang diamati: ………...........................................………..
NO | HARI/TANGGAL | KEJADIAN | KETERANGAN/ TINDAK LANJUT |
1. | |||
... |
b. Instrumen Penilaian Pengetahuan
No | Indikator Soal | Soal | Jawaban | Skor |
1 | Menjelaskan konsep asam basa menurut Arhenius | Jelaskan konsep asam basa menurut Arhenius! | Asam adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+) Basa adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (OH-) | 10 |
2 | Menjelaskan konsep asam basa menurut Bronsted-Lowry | Jelaskan konsep asam basa menurut Bronsted Lowry! | asam adalah senyawa yang memberi proton (H+) kepada senyawa lain. basa adalah senyawa yang menerima proton (H+) dari senyawa lain. | 10 |
3 | Menjelaskan konsep asam basa menurut Lewis | Jelaskan konsep asam basa menurut Lewis! | Asam adalah senyawa yang menerima pasangan elektron senyawa dengan elektron valensi. Basa adalah senyawa yang mendonorkan pasangan elektronmempunyai pasangan elektron bebas | 10 |
4 | Menuliskan reaksi ionisasi asam basa Arhenius | Tuliskan reaksi ionisasi asam dan basa menurut definisi asam basa arhenius? a. KOH b. c. | a) KOH → K+ + OH- b) →2H+ + c) →H+ + - | 20 |
5 | Mengidentifikasi spesi asam, basa, asam konjugasi, basa konjugasi dari suatu reaksi asam basa Bronsted-Lowry | Tentukan asam, basa, asam konjugasi, dan basa konjugasi dari reaksi berikut : + ↔ + | + ↔ + Basa asam asam basa Konjugasi Konjugasi | 20 |
6 | Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu reaksi asam basa Lewis | Tentukan asam dan basa menurut Lewis dari reaksi berikut: + → | + → Asam Basa | 15 |
c. Tes Penugasan
Diskusikan dengan teman sekelompokmu mengapa noda tinta pada pakaian dapat dibersihkan dengan larutan asam, karat besi lebih mudah dibersihkan dengan larutan asam, dan sayur asam tidak boleh disimpan dalam panci aluminium? Jelaskan dengan konsep asam basa!
c. Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator: Membuat laporan diskusi
Portofolio Mata Pelajaran : Kimia Kelas/Semester : XI / 2 Peminatan : Matematika dan Ilmu Alam Tahun Ajaran : 2014/2015 Judul portofolio : Pelaporan hasil diskusi Tujuan : Peserta didik terampil menyimpulkan hasil diskusi asam basa dalam bentuk laporan Ruang lingkup : Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil diskusi perkembangan konsep asam basa Uraian tugas portofolio 1. Buatlah laporan diskusi perkembangan konsep asam basa 2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya sehari setelah peserta didik melaksanakan tugas |
d. Instrumen Penilaian Portofolio
Nama :
Kelas/Nama Kelompok :
No | Aspek | Skor | |
Kriteria | Total | ||
1 | Keaslian/keautentikan pekerjaan | Buatan kelompok sendiri : 2 Dibantu ± 10% : 1 | |
2 | Kesesuian tugas/hasil yang dikumpulkan dengan penugasan | Sesuai > 80 % : 3 Sesuai 60% - 80% : 2 Sesuai < 60% : 1 | |
3 | Kelengkapan tugas/hasil | Lengkap : 2 Kurang lengkap : 1 | |
4 | Kesesuaian rentang waktu (4 minggu) | Tepat waktu : 3 Terlambat 1-3 hari : 2 Terlambat 1 minggu : 1 | |
5 | Kualitas (dapat digunakan/tidak) | Baik : 3 Sedang : 2 Kurang baik : 1 | |
Total | Maksimum : 13 |