DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA K 13 KELAS 6 SEMESTER 2 TEMA 6, 7, 8, 9
02/01/19
DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA K 13 KELAS 6 SEMESTER 2 TEMA 6, 7, 8, 9
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas VI (6) Semester 2 Tema 6, 7, 8, 9 |
Buku merupakan kebutuhan pokok baik bagi guru maupun bagi siswa, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran. Buku yang akan kami bagikan yaitu buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013 khusus kelas 6 Semester 2 SD/MI. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Selain itu juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku yang ditulis mengacu pada kurikulum 2013 ini dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.
Kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI adalah kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. Kemampuan lain yang diharapkan dalam kompetensi inti, salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak sehat, beriman, dan berakhlak mulia. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatankegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaiaan masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Tersedia juga :
Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas VI SD/MI ini disusun berdasarkan konsep itu. Sebagaimana lazimnya buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas dan urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatankegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini juga mengarahkan halhal yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.
Pencapaian kompetensi terpadu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tematema kehidupan yang dijumpai siswa seharihari. Siswa diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungan. Materimateri berbagai mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan, membentuk pembelajaran multidisipliner dan interdisipliner, agar tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidakselarasan antarmateri mata pelajaran. Tujuannya, agar tercapai efsiensi materi yang harus dipelajari dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.
Buku ini merupakan penjabaran dari hal-hal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya.
Inilah Buku sebagai Sumber Belajar Kelas 6 SD/MI Semester 2
Silahkan download sesuai Tema yang ada di bawah ini.
BUKU GURU K13 SD/MI KELAS VI SEMESTER 2
Buku Guru K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 6 |
Buku Guru K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 7 |
Buku Guru K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 8 |
Buku Guru K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 9 |
BUKU SISWA K13 SD/MI KELAS VI SEMESTER 2
Buku Siswa K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 6 |
Buku Siswa K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 7 |
Buku Siswa K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 8 |
Buku Siswa K 13 Kelas 6 SD/MI Tema 9 |
Sebagai edisi buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus menerus diperbaiki dan disempurnakan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi itu, kami ucapkan terima kasih. Mudahmudahan, kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Semoga dengan adanya buku guru dan buku siswa ini dapat mencetak generasi bangsa untuk masa yang akan datang, agar lebih maju bangsa dan negara.