Download Gratis Contoh RKAS SD Thn 2016/2017

Contoh RKAS SD


Download Contoh RKAS SD ini bagi anda yang kebetulan membutuhkan file ini untuk diterapkan disekolah anda (tentu dengan penyesuaian). File ini berupa Aplikasi Excel yang dibuat sedemikian rupa dengan mengacu format RKAS yang telah banyak disetujui. Pada dasarnya RKS sendiri merupakan bagian dari RKS dan selain RKAS selain itu termasuk juga RKT dan RKJM.

RKAS singkatan dari Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah, RKAS sendiri adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP. Dan RKS sendiri yaitu RKS adalah suatu dokumen yang memuat rencana program pengembangan sekolah empat tahun ke depan dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki menuju sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pedidikan (SNP).

Contoh RKAS SD (Preview)

https://soalsiswa.blogspot.com - Contoh RKAS SD

Download Contoh RKAS SD (Excel)

Penyusunan RKAS dapat dilakukan oleh sekolah dengan urutan berikut :
  1. Membentuk Tim Penyusun RKAS
  2. Analisis Lingkungan Strategis
  3. Menetapkan Visi, Misi, Tujuan
  4. Identifikasi Tantangan Nyata: membandingkan antara kondisi ideal (SNP) dengan kondisi nyata (saat ini) antara lain melalui EDS
  5. Perumusan Program Strategis untuk Pemenuhan SNP (Empat Tahunan)
  6. Perumusan Strategi Pencapaian Pemenuhan SNP (Empat Tahunan)
  7. Perumusan Hasil yang Diharapkan (Empat Tahunan) 
  8. 8. Penyusunan RKAS (Kegiatan Pemenuhan SNP Satu Tahunan)
Tapi yang paling sering membingungkan yakni dalam menyusun rencana biaya (besar dana, alokasi, sumber dana) Selanjutnya sekolah merencanakan alokasi anggaran biaya untuk kepentingan satu tahun. Dalam membuat rencana anggaran ini dari setiap besarnya alokasi dana harus dimasukkan asal semua sumber dana, misalnya dana dari rutin atau daerah (provinsi dan kabupaten/kota), dari pusat (BOS, block grant, dll), dari komite sekolah, atau dari sumber dana lainnya. Penyusunan rencana anggaran ini dituangkan ke dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS).



Download Juga :
Dokumen 1 Kurikulum 2013
Dokumen 1 KTSP
Contoh RKJM
Contoh RKT 


Dalam pembuatan RKAS sendiri dibutuhkan sebuah tim yang dinamakan Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang didukung dengan unsur Dewan Guru, Dewan Komite, dan Pihak Lainnya yang berkepentingan atas RKAS tersebut. (Download SK Tim Pengembang Sekolah).


Demikian artikel tentang Contoh RKAS SD ini saya buat dan semoga dapat bermanfaat bagi anda para pengunjung setia Blog SoalSiswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel