Silabus Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016
04/12/16
Kelas X
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis | .Isi pokok laporan hasil observasi: · pernyataan umum; · hal yang dilaporkan; · deskripsi bagian; · deskripsi manfaat; dan · maksud isi teks (tersirat dan tersurat). | · Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. · Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi. · Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. | ||
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi | Isi pokok teks laporan hasil observasi: · pernyataan umum; · deskripsi bagian; · deskripsi manfaat; · kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat). | · Mengidentifikasi isi,struktur, dan ciri kebahasaan. · isi, ciri kebahasaandalam teks laporan hasil observasi. · Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisiteks laporan hasil observasi yang telah disusun. |
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan. | ||
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | Isi teks eksposisi: . pernyataan tesis; . argumen; . pernyataan ulang; dan . kebahasaan. | · Menggalistruktur, isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar danatau dibaca. · Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan. · Mempresentasikan,me-ngomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun. |
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. | ||
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | . Struktur teks eksposisi: . pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); . argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan . pernyataan ulang.* · Kebahasaan: o kalimat nominal dan o kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) · Pola penalaran: o deduksi dan o induksi | · Menggali strukturdan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca. · Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun. |
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | ||
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. | · Isi teks anekdot: o peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, · Unsur anekdot: o peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan. | · Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot · Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca · Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun |
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot. | ||
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. | · Isi anekdot · Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik. · Sindiran. · Unsur humor. · Kata dan Frasa idiomatis | · Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan . · Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun. |
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. | · Karakeristik hikayat. · Isi hikayat. · Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan). | · Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat. · Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat. · Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun |
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. | ||
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. | · Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat. · Gaya bahasa. · Kata arkais (kuno). | · Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat. · Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. · Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun. |
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. | ||
3.9 Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. | · Ikhtisar | · Laporan Hasil Membaca Buku · Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar. · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiikhtisaryang dilaporkan. |
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. | ||
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. | Isi teks negosiasi: · permasalahan; · pengajuan; · penawaran; · persetujuan/ kesepakatan yang tercapai. | · Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. · Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. · Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat). |
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. | ||
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. | Struktur teks negosiasi: § orientasi dan § permasalahan(pengajuan, penawaran, dan persetujuan). · Kebahasaan § pasangan tuturan dalam teks negosisi dan § bahasa yang santun. | · Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan), · Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi. · Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikanstruktur teks dan aspek kebahasaan. · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiteks negosiasi yang telah disusun. |
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. | ||
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. | Debat: § esensi debat; § mosi (permasalahan yang didebatkan); § argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan § tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen). | · Mengidentifikasipermasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik. · Melaksanakan debat. · Mengevaluasi pelaksanaan debat. |
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. | ||
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). | Isi debat: § mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan; § pernyataan sikap (mendukung atau menolak); § argumenasi untuk mendukung sikap. · Pihak-pihak pelaksana debat: § pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan; § tim afirmatif (yang setuju dengan mosi); § tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi); § pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’ | · Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). · Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat. · Melaksanakan debat. · Mengevaluasi pelaksanaan debat. |
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. | ||
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi | o Pola penyajian cerita ulang (biografi). o Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi. | · Mengidentifikasiperistiwa (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. · Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi · Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. |
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. | ||
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. | Unsur-unsur biografi: § orientasi: (identitas singkat tokoh); § rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan § Reorientasi : · Kebahasaan biografi: § pronominal; § pengacu dan yang diacu; dan o konjungsi. | · Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. · Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) · Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman |
4.15 Menyusun teks biografi tokoh | ||
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. | Puisi: (semua jenis puisi) § isi; § tema; § makna; § amanat; dan § suasana. | · Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca. · Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo). |
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) | ||
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi. | Unsur-unsur pembangun puisi § diksi; § imaji; § kata konkret; § gaya bahasa; § rima/irama; § tipografi; § tema/makna (sense); § rasa (feeling); § nada (tone);dan · amanat/tujuan/maksud (itention). | · Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi. · Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis |
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. | ||
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. | Resensi buku. | · Membuat Resensi Buku yang Dibaca · Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca · Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi · Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis |
4.18 Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. |