Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Laju Reaksi
10/06/17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Pasundan 8 Bandung
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Laju Reaksi
Alokasi Waktu : 3 pertemuan, 12 JP 45 menit
I. KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menyadari adanya keteraturan dari sifat laju reaksi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.6. Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan.
4.6. Menyajikan hasil pemahaman terhadap teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
4.7. Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi.
III. INDIKATOR PEMBELAJARAN
Kognitif
a. Menjelaskan keterkaitan teori tumbukan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
b. Menjelaskan hubungan teori tumbukan dengan energi aktivasi berdasarkan grafik energi aktivasi dan pembentukan kompleks teraktivasi pada reaksi eksoterm dan endoterm.
c. Menjelaskan pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi melalui percobaan.
d. Menjelaskan pengaruh suhu terhadap laju reaksi melalui percobaan.
e. Menjelaskan pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi melalui percobaan.
f. Menjelaskan pengaruh katalis terhadap laju reaksi melalui percobaan.
g. Menentukan orde reaksi berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui percobaan.
h. Menganalisis hubungan teori tumbukan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Afektif
a. Menunjukkan perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam melakukan percobaan dan diskusi kelompok.
b. Menunjukkan sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait senyawa materi laju reaksi.
c. Menunjukkan sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai materi laju reaksi.
Psikomotor
a. Merangkai dan menggunakan set alat dalam melakukan percobaan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi secara teliti.
b. Menyajikan data hasil diskusi kelompok teori tumbukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi secara sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
a. Siswa dapat menjelaskan keterkaitan teori tumbukan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
b. Siswa dapat menjelaskan hubungan teori tumbukan dengan energi aktivasi berdasarkan grafik energi aktivasi dan pembentukan kompleks teraktivasi pada reaksi eksoterm dan endoterm.
c. Siswa dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi melalui percobaan.
d. Siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap laju reaksi melalui percobaan.
e. Siswa dapat menjelaskan pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi melalui percobaan.
f. Siswa dapat menjelaskan pengaruh katalis terhadap laju reaksi melalui percobaan.
g. Siswa dapat menentukan orde reaksi berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui percobaan.
h. Siswa dapat menganalisis hubungan teori tumbukan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Afektif
a. Siswa mampu menunjukkan perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam melakukan percobaan dan diskusi kelompok.
b. Siswa mampu menunjukkan sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait senyawa materi laju reaksi.
c. Siswa mampu menunjukkan sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai materi laju reaksi.
Psikomotor
a. Siswa terampil merangkai dan menggunakan set alat dalam melakukan percobaan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi secara teliti.
b. Siswa terampil dalam menyajikan data hasil diskusi kelompok teori tumbukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi secara sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
V. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi Prasyarat
o Termokimia: reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
2. Materi Inti
o Faktor-faktor yang menentukan laju reaksi.
o Teori tumbukan.
o Energi aktivasi.
o Orde reaksi dan persamaan laju reaksi.
VI. STRATEGI PEMBELAJARAN
Model : Inkuiri terbimbing
Pendekatan : Saintifik
Metode : Praktikum, diskusi kelompok, penugasan
Sumber Pembelajaraan : Buku kimia dan artikel-artikel terkait
Media Pembelajaraan : Power point mengenai laju dan orde reaksi
Alat dan Bahan Pembelajaran: (terlampir pada Lampiran 1A–D)
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pertemuan Pertama
Kegiatan Pembelajaran | Langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | Pendahuluan o Siswa menjawab salam dan berdo’a. o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru. o Siswa dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah diatur guru. Apersepsi o Siswa meninjau kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai reaksi eksoterm dan endoterm dalam termokimia. Motivasi o Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai aplikasi laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam bidang industri. o Siswa diberikan informasi mengenai materi pembelajaran, yaitu Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati o Siswa mengamati gambar kembang api dan proses perkaratan besi. o Siswa diberikan fakta bahwa suatu reaksi kimia ada yang berlangsung cepat, seperti penyulutan kembang api, dan ada yang berlangsung lambat, seperti proses perkaratan besi. Menanya o Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan: - Mengapa ada reaksi yang berlangsung cepat dan ada reaksi yang berlangsung lambat? - Apa yang menyebabkan suatu reaksi berlangsung cepat atau lambat? Mengumpulkan Data o Setiap kelompok siswa dibagi menjadi 4 besar, untuk menerima LKS praktikum (Lampiran 1) yang berbeda-beda, dengan pembagian judul praktikum sebagai berikut: - Kelompok besar 1: pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi - Kelompok besar 2: pengaruh suhu terhadap laju reaksi - Kelompok besar 3: pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi - Kelompok besar 4: pengaruh katalis terhadap laju reaksi o Siswa membaca dan menelaah LKS yang telah diberikan oleh guru. o Siswa melakukan praktikum sesuai dengan langkah kerja pada LKS. o Siswa mengerjakan soal-soal pada LKS berdasarkan hasil praktikum. o Siswa menganalisis peristiwa yang terjadi pada pemberian kondisi yang berbeda-beda terhadap suatu reaksi kimia yang berlangsung selama praktikum. Mengasosiasi o Siswa menyimpulkan pengaruh konsentrasi, suhu, luas permukaan bidang sentuh, dan katalis yang berbeda-beda dengan kecepatan reaksi. Mengkomunikasikan o Setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisan dan tertulis di depan kelas. o Siswa yang belum memperoleh giliran presentasi, secara individu menuliskan resume atau ringkasan dari hasil percobaan kelompok yang melakukan presentasi. | 10 menit 70 menit 10 menit 60 menit |
Kegiatan Akhir | Penutup o Setiap kelompok siswa menyerahkan salah satu LKS praktikum yang telah dikerjakan pada guru. o Siswa secara individu menyerahkan hasil resume selama memperhatikan kelompok lain yang presentasi pada guru. o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi pembelajaran yang masih belum jelas. o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. o Siswa diberi tugas untuk melaporkan hasil percobaan yang telah dilakukan untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya serta membaca mengenai Teori Tumbukan dan Energi Aktivasi. o Siswa berdo’a. o Siswa menjawab salam penutup. | 20 menit |
B. Pertemuan Kedua
Kegiatan Pembelajaran | Langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | Pendahuluan o Siswa menjawab salam dan berdo’a. o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru. o Siswa dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah diatur guru. Apersepsi o Siswa meninjau kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai faktor-faktor penentu laju reaksi. Motivasi o Siswa memperhatikan penjelasan singkat guru mengenaifaktor-faktor penentu laju reaksi. o Siswa disuguhkan pertanyaan apa yang menyebabkan faktor-faktor tersebut dapat meningkatkan laju reaksi? o Untuk menjawab pertanyaan tersebut siswa diberikan informasi mengenai materi pembelajaran, yaitu Teori Tumbukan dan Energi Aktivasi. | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati o Siswa mengamati analogi proses mendorong mobil melalui tanjakan. o Siswa diberikan fakta, bahwa dengan energi yang cukup, mobil dapat melewati tanjakan dengan mulus, tapi apabila energi yang diberikan ketika mendorong mobil tersebut lemah, maka kemungkinan mobil akan turun lagi/kembali lagi sangat besar. Menanya o Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan: - Apa hubungan energi mendorong mobil dengan laju reaksi? - Bagaimana hubungan energi tersebut dengan faktor-faktor yang menentukan laju reaksi? Mengumpulkan Data o Setiap kelompok siswa dibagi menjadi 4 besar, untuk mendiskusikan materi berbeda-beda, dengan pembagian judul materi sebagai berikut: - Kelompok besar 1: hubungan teori tumbukan dengan konsentrasi pereaksi - Kelompok besar 2: hubungan teori tumbukan dengan suhu reaksi - Kelompok besar 3: hubungan teori tumbukan dengan luas permukaan bidang sentuh zat - Kelompok besar 4: hubungan teori tumbukan dengan katalis o Siswa menganalisis materi diskusinya menggunakan buku sumber dan artikel-artikel terkait. Mengasosiasi o Siswa menyimpulkan hubungan teori tumbukan dengan konsentrasi, suhu, luas permukaan bidang sentuh, dan katalis dalam suatu reaksi kimia. Mengkomunikasikan o Setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisan dan (apabila memungkinkan) secara tertulis di depan kelas. o Siswa yang belum memperoleh giliran presentasi, secara individu menuliskan resume atau ringkasan dari hasil diskusi kelompok yang melakukan presentasi. | 10 menit 70 menit 10 menit 60 menit |
Kegiatan Akhir | Penutup o Setiap kelompok siswa menyerahkan catatan hasil diskusi kelompoknya pada guru. o Siswa secara individu menyerahkan hasil resume selama memperhatikan kelompok lain yang presentasi pada guru. o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi pembelajaran yang masih belum jelas. o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. o Siswa diberi tugas untuk membaca mengenai Orde Reaksi dan Persamaan Laju Reaksi. o Siswa berdo’a. o Siswa menjawab salam penutup. | 20 menit |
C. Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pembelajaran | Langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | Pendahuluan o Siswa menjawab salam dan berdo’a. o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru. Apersepsi o Siswa meninjau kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai teori tumbukan dan energi aktivasi. Motivasi o Siswa diberikan fakta bahwa dalam mempelajari laju reaksi tidak selesai hanya dengan memahami faktor-faktor penentunya saja, melainkan laju reaksi akrab dengan orde reaksi. Langkah pertama dalam penentuan laju reaksi adalah menentukan terlebih dahulu orde reaksi. o Siswa diberikan informasi mengenai materi pembelajaran, yaitu Orde Reaksi dan Persamaan Laju Reaksi. | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati o Siswa mengamati penjelasan guru mengenai penentuan orde reaksi, grafik orde reaksi, dan penulisan persamaan laju reaksinya berdasarkan data sekunder. Menanya o Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan: - Bagaimana menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi dari data hasil percobaan yang berbeda? Mengumpulkan Data o Siswa dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah diatur guru. o Setiap kelompok siswa menerima LKS non eksperimen(Lampiran 2) yang dibagikan oleh guru. o Siswa menganalisis dan mengerjakan LKS yang diberikan oleh guru secara berkelompok. Mengasosiasi o Siswa menyimpulkan hubungan orde reaksi dengan persamaan laju reaksi. Mengkomunikasikan o Setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisan dan tertulis di depan kelas. o Siswa yang belum memperoleh giliran presentasi, secara individu menuliskan kelemahan/kesalahan dan sanggahan yang logis dari hasil diskusi kelompok yang melakukan presentasi. | 30 menit 60 menit 10 menit 40 menit |
Kegiatan Akhir | Penutup o Setiap kelompok siswa menyerahkan catatan hasil diskusi kelompoknya pada guru. o Siswa secara individu menyerahkan hasil sanggahan atau kelemahan/kesalahan yang dilakukan oleh kelompok yang melakukan presentasi pada guru. o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi pembelajaran yang masih belum jelas. o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. o Siswa diberi tugas untuk membaca dan mengumpulkan artikel mengenai Kesetimbangan Kimia. o Siswa berdo’a. o Siswa menjawab salam penutup. | 30 menit |
VIII. EVALUASI
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian kognitif : Tes tertulis
b. Penilaian afektif : Sikap siswa selama pembelajaran berlangsung
c. Penilain Psikomotorik : Produk hasil percobaan
2. Instrumen Penilaian
· Instrumen Penilaian Kognitif
Tujuan Pembelajaran | Soal | Skor | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Siswa dapat menjelaskan keterkaitan teori tumbukan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. | 1. Dari suatu reaksi diketemukan bahwa kenaikan suhu sebesar 10°C dapat memperbesar kecepatan reaksi sebesar 2×. Keterangan yang tepat untuk peristiwa ini adalah … a. energi rata-rata partikel yang beraksi naik menjadi 2× b. kecepatan rata-rata partikel yang beraksi naik menjadi 2× c. jumlah partikel yang memiliki energi minimum bertambah menjadi 2× d. frekuensi tumbukan naik menjadi 2× e. energi aktivasi naik menjadi 2× | 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Siswa dapat menjelaskan hubungan teori tumbukan dengan energi aktivasi berdasarkan grafik energi aktivasi dan pembentukan kompleks teraktivasi pada reaksi eksoterm dan endoterm. | 2. Perhatikan grafik hubungan antara katalis dan energi aktivasi berikut: Energi aktivasi yang merupakan tahap penentu laju reaksi ditunjukkan oleh … a. Ea1 D. Ea4 b. Ea2 E. Ea5 c. Ea3 3. Grafik berikut menyatakan ... a. Reaksi berlangsung dengan melepaskan energi b. X adalah perubahan entalpi reaksi c. Reaksi hanya dapat berlangsung bila X>Y d. Reaksi tersebut adalah reaksi endoterm e. X + Y adalah energi aktivasi | 10 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Siswa dapatmenjelaskan pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi melalui percobaan. | 4. Perhatikan tabel berikut: Berdasarkan data percobaan 4 dan 5 di atas, faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi adalah …. a. Konsentrasi d. Luas permukaan b. Katalis e. Sifat zat c. Perubahan suhu | 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Siswa dapatmenjelaskan pengaruh suhu terhadap laju reaksi melalui percobaan. | 5. Pada suatu reaksi suhu dari 25°C dinaikkan menjadi 75°C. Jika setiap kenaikan 10°C kecepatan menjadi 2 kali lebih cepat, maka kecepatan reaksi tersebut di atas menjadi ... kali lebih cepat. a. 8 b. 10 c. 16 d. 32 e. 64 | 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Siswa dapatmenjelaskan pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi melalui percobaan. | 6. Batu kapur dalam bentuk bongkahan bereaksi dengan HCL lebih lambat dibandingkan dalam bentuk serbuk. Hal ini menunjukkan bahwa kecepatan reaksi dipengaruhi oleh ... a. Wujud zat b. Jenis zat c. Sifat zat d. Luas permukaan e. Asal zat | 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Siswa dapatmenjelaskan pengaruh katalis terhadap laju reaksi melalui percobaan. | 7. Perhatikan mekanisme persamaan reaksi berikut: A(aq) + B(aq) → AB(aq) (lambat) A(aq) + B(aq) + C(s) → AB(aq) + C(s) (cepat) Zat C adalah ... a. Inhibitor b. Katalis homogen c. Katalis heterogen d. Enzim e. Substrat | 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Siswa dapatmenentukan orde reaksi berdasarkananalisis data yang diperoleh melalui percobaan. | 8. Manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan data dalam tabel?
a. orde reaksi terhadap H2 adalah 2 b. orde reaksi terhadap SO2 adalah 2 c. orde reaksi total adalah 4 d. kecepatan reaksi menjadi 4 x jika (H2) dan (SO2) dinaikkan 2x e. rumus kecepatan reaksi v = k (H2)²(SO2)2 9. Dari reaksi aA + bB → cC + dD, diperoleh data hasil eksperimen sebagai berikut :
Dari data tersebut dapat disimpulkan … a. v = k [A] d. v = k [A]² b. v = k [B] e. v = k [A][B]² c. v = k [B]² | 10 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
h. Siswa dapatmenganalisis hubungan teori tumbukan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. | 10. Kenaikan suhu umumnya menaikkan reaksi. Alasan yang tepat untuk menjelaskan hal tersebut adalah … a. energi kinetik dari molekul-molekul menurun b. kenaikkan suhu menghasilkan reaksi dapat balik c. kecepatan masing-masing molekul menjadi sama d. energi kinetik dari molekul-molekul meningkat e. kenaikan suhu memperkecil energi aktivasi | 10 |
· Instrumen Penilaian Afektif
Penilaian afektif menggunakan lembar observasi yang terlampir pada Pedoman Penilaian, Self Assessment, dan Peer Assessment.
· Instrumen Penilaian Psikomotor
Penilaian psikomotor menggunakan lembar observasi praktikum yang terlampir padaPedoman Penilaian
3. Pedoman Penilaian
· Penilaian Kognitif
Tabel penilaian hasil tes
No. | Nama siswa | Nomor soal | Skor | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||
1. | ||||||||||||
2. | ||||||||||||
3. | ||||||||||||
4. | ||||||||||||
5. | ||||||||||||
... |
· Penilaian Afektif
Tujuan Sikap:
a. Siswa mampu menunjukkan perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam diskusi kelompok.
No. | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor Total | ||||||||
Teliti | Bertanggung Jawab | Jujur | |||||||||
0 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | |||
1. | |||||||||||
2. | |||||||||||
3. | |||||||||||
... |
Rubrik:
0 : jika tidak teliti dalam menjalankan praktikum, tidak bertanggung jawab atas kebersihan dan keutuhan alat, serta tidak jujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam diskusi kelompok.
1 : jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas kebersihan dan keutuhan alat, serta jujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam diskusi kelompok, namun lamban dan tidak tegas ketika bekerja di dalam laboratorium.
2 : jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas kebersihan dan keutuhan alat, serta jujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam diskusi kelompok.
Tujuan Afektif:
b. Siswa mampu menunjukkan sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait senyawa hidrokarbon dan minyak bumi.
No. | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor Total | |||||
Aktif Bertanya | Aktif Menjawab | |||||||
0 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | |||
1. | ||||||||
2. | ||||||||
3. | ||||||||
... |
Rubrik:
0 : jika tidak aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan.
1 : jika bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan, namun tidak sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan salah konsepnya ketika menjawab.
2 : jika bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan, serta sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan benar konsepnya ketika menjawab.
Tujuan Afektif:
c. Siswa mampu menunjukkan sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai senyawa hidrokarbon dan minyak bumi.
No. | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor Total | ||||||||
Bertanya | Berpendapat | Menjawab | |||||||||
0 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | |||
1. | |||||||||||
2. | |||||||||||
3. | |||||||||||
... |
Rubrik:
0 : jika tidak bertanya, tidak berpendapat, dan tidak menjawab.
1 : jika bertanya, berpendapat, atau menjawab, namun kurang sesuai dengan materi.
2 : jika bertanya, berpendapat, atau menjawab, dan isinya sesuai dengan materi.
· Penilaian Psikomotor
Tujuan Psikomotor:
a. Siswa terampil dalam merangkai set alat dan melakukan percobaan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi secara teliti.
Aspek yang dinilai | Nilai | |||
SB | Baik | Kurang | SK | |
Skor: 4 | Skor: 3 | Skor: 2 | Skor: 1 | |
1. Siswa menyiapkan alat dan bahan dengan tepat. 2. Siswa membersihkan dan mengeringkan alat sebelum praktikum. 3. Siswa menyusun alat sesuai petunjuk praktikum. 4. Siswa mengambil dan memasukkan bahan menggunakan spatula. 5. Siswa membaca skala pada alat gelas atau termometer dengan benar. 6. Siswa mencatat laju perubahan yang terjadi pada pemberian kondisi yang berbeda-beda. 7. Siswa membersihkan alat setelah praktikum. 8. Siswa melakukan percobaan tepat waktu. | ||||
Jumlah | ||||
Jumlah Total: |
Tujuan Psikomotor:
b. Siswa terampil menyajikan data hasil diskusi kelompok mengenai proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya secara sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
No. | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor Total | |||||
Penggunaan Bahasa | Kecakapan dalam Berbicara | |||||||
0 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | |||
1. | ||||||||
2. | ||||||||
3. | ||||||||
... |
Rubrik:
0 : jika tidak menggunakan bahasa yang sopan atau tidak mahir dalam menyampaikan informasi hasil diskusi kelompok.
1 : jika menggunakan bahasa yang sopan namun tidak percaya diri dalam berbicara atau kurang mahir dalam menyampaikan informasi hasil diskusi kelompok secara sistematis.
2 : jika menggunakan bahasa yang sopan atau mahir dalam menyampaikan informasi hasil diskusi kelompok secara sistematis.
LEMBAR PENILAIAN DIRI
(SELF ASSESSMENT)
Berikan penilaian terhadap diri Anda sendiri dengan memberikan tanda centang (Ö) pada kolom disamping pernyataan secara jujur!
Nama : ....................................................
Kelompok : ....................................................
No. | Pernyataan | Ya | Tidak |
1. | Apakah sebelum menghadiri pembelajaran hari ini Anda membaca terlebih dahulu materi yang akan dipelajari? | ||
2. | Apakah Anda mengumpulkan dan membawa bahan diskusi? Jika “Ya”, tuliskan kategori bahan diskusi yang Anda bawa. ......................................................................................................... ......................................................................................................... | ||
3. | Apakah Anda memberikan kritik pada pendapat teman Anda dalam diskusi kelompok? | ||
4. | Apakah Anda menerima kritik dari teman Anda? | ||
5. | Apakah Anda memberikan saran atau pendapat Anda dalam diskusi kelompok? | ||
6. | Apakah Anda mengajukan pertanyaan pada teman lain selama diskusi berlangsung? | ||
7. | Apakah Anda mengajukan pertanyaan pada guru selama diskusi berlangsung? | ||
8. | Apakah Anda mendorong teman Anda untuk berpendapat/mengajukan pertanyaan/mengkritik? | ||
9. | Apakah Anda memahami materi pembelajaran mengenai Laju Reaksi yang telah dilaksanakan? Jika “Tidak” ungkapkan bagian yang masih membingungkan Anda. ......................................................................................................... ......................................................................................................... | ||
10. | Apakah Anda merasa puas dengan diskusi kelompok yang telah dilakukan? Jika “Tidak” ungkapkan alasan Anda. ......................................................................................................... ......................................................................................................... |
PERHATIAN: kumpulkan lembar ini pada guru yang mengajar!
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
(PEER ASSESSMENT)
Berikan penilaian Anda terhadap teman-teman sekelompok Anda dengan memberikan tanda centang (Ö) pada kolom pernyataan secara jujur dan objektif!
Nama Penilai : ....................................................
Kelompok : ....................................................
No. | Nama Teman Anda | Membawa Bahan Diskusi | Memberikan Kritik | Menerima Kritik | Memberikan Pendapat | Memberikan Saran | Mengajukan Pertanyaan pada Teman | Mengajukan Pertanyaan pada Guru | Memotivasi Teman Lain |
1. | |||||||||
2. | |||||||||
3. | |||||||||
4. | |||||||||
5. |
PERHATIAN: kumpulkan lembar ini pada guru yang mengajar!
LAMPIRAN
Tanggal Praktikum : ____________________________
Kelompok : ________
Anggota Kelompok : ____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI TERHADAP KECEPATAN REAKSI
Tujuan:
Siswa dapat menyimpulkan pengaruh penambahan konsentrasi yang berbeda-beda terhadap kecepatan reaksi kimia.
A. Dasar Teori
Perubahan konsentrasi pereaksi per satuan waktu dapat dimanipulasi agar lebih cepat atau lebih lambat, bahkan reaksi dihentikan. Untuk melakukan manipulasi kecepatan reaksi, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi kecepatan sutau reaksi. Faktor-faktor tersebut adalah konsentrasi pereaksi, luas permukaan zat-zat yang bereaksi, suhu reaksi, dan katalisator.
Jika dalam suatu reaksi, konsentrasi molar salah satu pereaksi diperbesar atau diperkecil, bagaimana pengaruhnya terhadap kecepatan reaksi?
B. Alat dan Bahan
· Tabung reaksi 4 buah
· Stopwatch 1 set
· Padatan seng 4 keping
· Spatula 1 buah
· Larutan HCl 0,5M 10 mL
· Larutan HCl 1M 10 mL
· Larutan HCl 2M 10 mL
· Larutan HCl 3M 10 mL
· Label
C. Prosedur Kerja
1. Siapkan empat buah tabung reaksi masing-masing diberi nomor 1 – 4.
2. Isilah tabung reaksi pertama dengan larutan HCl 0,5M sebanyak 10 mL.
3. Masukkan kepingan seng ke dalam tabung reaksi.
4. Hitung waktu reaksi dengan Stopwatch pada saat kepingan seng dimasukkan ke dalam larutan sampai kepingan seng habis bereaksi.
5. Ulangi langkah tersebut untuk larutan HCl 1M, 2M, dan 3M pada ketiga tabung reaksi lainnya.
D. Hasil Pengamatan
Lengkapi tabel data hasil pengamatan berikut:
Nomor Tabung Reaksi | Pereaksi | Waktu |
+ | ||
+ | ||
+ | ||
+ |
E. Pertanyaan
1. Berdasarkan pengamatan Anda, apa yang dapat dijadikan indikator terjadinya reaksi?
2. Tuliskan besaran yang menjadi variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol pada percobaan yang telah dilakukan!
3. Komposisi manakah yang selesai bereaksi lebih cepat?
4. Buatlah grafik hubungan antara konsentrasi HCl terhadap waktu!
F. Kesimpulan
Buatlah kesimpulan yang logis berdasarkan percobaan yang telah Anda lakukan!
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
Tanggal Praktikum : ____________________________
Kelompok : ________
Anggota Kelompok : ____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PENGARUH PERBEDAAN SUHU TERHADAP KECEPATAN REAKSI
Tujuan:
Siswa dapat menyimpulkan pengaruh penambahan suhu terhadap kecepatan reaksi kimia.
A. Dasar Teori
Perubahan konsentrasi pereaksi per satuan waktu dapat dimanipulasi agar lebih cepat atau lebih lambat, bahkan reaksi dihentikan. Untuk melakukan manipulasi kecepatan reaksi, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi kecepatan sutau reaksi. Faktor-faktor tersebut adalah konsentrasi pereaksi, luas permukaan zat-zat yang bereaksi, suhu reaksi, dan katalisator.
Apakah suhu berpengaruh terhadap kecepatan reaksi?
B. Alat dan Bahan
· Geals kimia 50 mL 1 buah
· Stopwatch 1 set
· Larutan Na2S2O3 0,1M 20 mL
· Larutan HCl 0,1M 20 mL
· Pembakar spiritus 1 buah
· Kertas putih 1 lembar
· Spidol 1 buah
· Termometer 1 buah
C. Prosedur Kerja
1. Letakkan gelas kimia 50 mL diatas kertas putih yang diberi tanda silang dengan spidol.
2. Masukkan 20 mL larutan Na2S2O3 0,1M ke dalam gelas kimia tersebut.
3. Ukur suhu larutan HCl 0,1 M menggunakan termometer, catat dalam tabel pengamatan.
4. Masukkan 20 mL larutan HCl 0,1M ke dalam gelas kimia berisi Na2S2O3 tersebut.
5. Hitunglah waktu mulai dari penuangan HCl sampai tanda silang pada kertas tidak terlihat.
6. Ulangi langkah tersebut dengan larutan Na2S2O3 dan HCl yang dipanaskan sampai 50⁰C dan 70⁰C dengan pembakar spiritus.
D. Hasil Pengamatan
Lengkapi tabel data hasil pengamatan berikut:
Percobaan ke- | Pereaksi | Suhu HCl(aq) | Waktu |
+ | |||
+ | |||
+ |
E. Pertanyaan
1. Perubahan apakah yang terjadi dalam reaksi tersebut?
2. Tuliskan besaran yang menjadi variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol pada percobaan yang telah dilakukan!
3. Dari ketiga reaksi, manakah reaksi yang memiliki kecepatan reaksi paling tinggi?
4. Buatlah grafik hubungan antara suhu dan laju reaksi.
F. Kesimpulan
Buatlah kesimpulan yang logis berdasarkan percobaan yang telah Anda lakukan!
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
Tanggal Praktikum : ____________________________
Kelompok : ________
Anggota Kelompok : ____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PENGARUH PERBEDAAN LUAS PERMUKAAN BIDANG SENTUH
TERHADAP KECEPATAN REAKSI
Tujuan:
Siswa dapat menyimpulkan pengaruh penambahan suhu terhadap kecepatan reaksi kimia.
A. Dasar Teori
Perubahan konsentrasi pereaksi per satuan waktu dapat dimanipulasi agar lebih cepat atau lebih lambat, bahkan reaksi dihentikan. Untuk melakukan manipulasi kecepatan reaksi, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi kecepatan sutau reaksi. Faktor-faktor tersebut adalah konsentrasi pereaksi, luas permukaan zat-zat yang bereaksi, suhu reaksi, dan katalisator.
Luas permukaan dalam reaksi kimia adalah luas permukaan zat-zat pereaksi yang bersentuhan untuk menghasilkan reaksi. Dalam reaksi kimia, tidak semua luas permukaan zat yang bereaksi dapat bersentuhan hingga terjadi reaksi.
Bagaimana pengaruh perbedaan luas permukaan bidang sentuh terhadap kecepatan reaksi?
B. Alat dan Bahan
· Gelas kimia 100 mL 1 buah
· Gelas ukur 100 mL 1 buah
· Stopwatch 1 set
· Pisau 1 buah
· Spatula 1 buah
· Batang pengaduk 1 buah
· Tablet redoxon 3 butir
· Air
C. Prosedur Kerja
1. Isilah gelas kimia dengan 50 mL air.
2. Masukkan 1butir tablet redoxon ke dalam air.
3. Ukur waktu reaksi menggunakan stopwatch mulai dari saat pemasukan tablet hingga tablet tidak tersisa lagi dalam larutan.
4. Ulangi langkah tersebut menggunakan tablet redoxon yang dipotong menjadi 4 bagian, dan tablet redoxon yang ditumbuk halus.
D. Hasil Pengamatan
Lengkapi tabel data hasil pengamatan berikut:
Percobaan ke- | Pereaksi | Waktu |
+ | ||
+ | ||
+ |
E. Pertanyaan
1. Apakah yang menjadi indikator terjadinya reaksi?
2. Tuliskan besaran yang menjadi variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol pada percobaan yang telah dilakukan!
3. Bentuk tablet yang manakah yang luas permukaannya lebih besar?
4. Pada percobaan ke berapa tablet redoxon mudah larut?
F. Kesimpulan
Buatlah kesimpulan yang logis berdasarkan percobaan yang telah Anda lakukan!
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
Tanggal Praktikum : ____________________________
Kelompok : ________
Anggota Kelompok : ____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
____________________________
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PENGARUH PENAMBAHAN KATALIS TERHADAP KECEPATAN REAKSI
Tujuan:
Siswa dapat menyimpulkan pengaruh penambahan katalis terhadap kecepatan reaksi kimia.
A. Dasar Teori
Perubahan konsentrasi pereaksi per satuan waktu dapat dimanipulasi agar lebih cepat atau lebih lambat, bahkan reaksi dihentikan. Untuk melakukan manipulasi kecepatan reaksi, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi kecepatan sutau reaksi. Faktor-faktor tersebut adalah konsentrasi pereaksi, luas permukaan zat-zat yang bereaksi, suhu reaksi, dan katalisator.
Katalis adalah zat yang ditambahkan dalam jumlah sedikit ke dalam suatu sistem reaksi untuk mempercepat reaksi. Pada akhir reaksi, katalis diperoleh kembali dalam bentuk zat semula.
B. Alat dan Bahan
· Tabung reaksi 2 buah
· Gelas ukur 10 mL 1 buah
· Pipet tetes 3 buah
· Larutan H2O2 3% 8 mL
· Serbuk MnO2
· Larutan sabun
C. Prosedur Kerja
1. Campurkan 4 mL larutan H2O2 3% dan 1 tetes larutan sabun ke dalam tabung reaksi.
2. Kocok dan amati perubahan yang terjadi.
3. Ulangi langkah-langkah tersebut, kemudian tambahkan sedikit serbuk MnO2.
D. Hasil Pengamatan
Lengkapi tabel data hasil pengamatan berikut:
Percobaan ke- | Pereaksi | Pengamatan |
+ | ||
+ + |
E. Pertanyaan
1. Apakah terjadi perubahan setelah reaksi berlangsung?
2. Apakah bisa dijadikan indikator berlangsungnya reaksi kimia?
3. Bandingkan hasil pengamatan antara reaksi dengan MnO2 dan tanpa MnO2. Manakah reaksi yang berlangsung lebih cepat?
F. Kesimpulan
Buatlah kesimpulan yang logis berdasarkan percobaan yang telah Anda lakukan!
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
ORDE REAKSI DAN PERSAMAAN LAJU REAKSI
Kerjakan soal-soal berikut ini secara berkelompok dan tuliskan jawaban Anda di kertas lain secara individu!
1. Dari reaksi 2 N2O5 → 4 NO2 + O2 diperoleh data pembentukan senyawa NO2 sebagai berikut:
No. | [NO2] (M) | Waktu (jam) |
1. | 0,000 | 0 |
2. | 0,020 | 1 |
3. | 0,040 | 2 |
4. | 0,080 | 3 |
Laju pembentukan NO2 adalah …..
2. Data percobaan dari reaksi: NH4+(aq) + NO2–(aq) → N2(aq) + 2H2O(l)
Percobaan ke- | [NO2–] (M) | [NH4+] (M) | v (M det–1) |
1 | 0,01 | 0,2 | 5,4 × 10–7 |
2 | 0,02 | 0,2 | 10,8 × 10–7 |
3 | 0,04 | 0,2 | 21,5 × 10–7 |
4 | 0,02 | 0,02 | 10,8 × 10–7 |
5 | 0,02 | 0,06 | 32,4 × 10–7 |
Rumus kecepatan reaksinya adalah …..
3. Perhatikan data eksperimen sebagai berikut:
Percobaan ke- | [H2] M | [SO2] M | Waktu (detik) |
1 | 0,1 | 0,4 | 36 |
2 | 0,2 | 0,4 | 18 |
3 | 0,4 | 0,4 | 9 |
4 | 0,4 | 0,2 | 18 |
5 | 0,4 | 0,1 | 36 |
Persamaan reaksi laju reaksi untuk percobaan di atas adalah …..
4. Laju reaksi dari suatu gas dinyatakan sebagai ν = k[A][B]. Tentukan perbandingan laju reaksinya dibandingkan terhadap laju reaksi mula-mula jika:
a) volume yang ditempati gas-gas diperkecil menjadi 1/2 volume semula
b) volume yang ditempati gas-gas diperkecil menjadi 1/4 volume semula
5. Untuk reaksi A + B → AB diperoleh data sebagai berikut:
Jika konsentrasi A dinaikkan tiga kali pada konsentrasi B tetap, laju reaksi menjadi sembilan kali lebih cepat. Jika konsentrasi A dan B dinaikkan tiga kali, laju reaksi menjadi 27 kali lebih cepat. Persamaan laju reaksinya adalah …..
6. Pada suhu 273°C, gas brom dapat bereaksi dengan gas nitrogen monoksida menurut persamaan reaksi berikut:
2NO(aq) + Br2(g) → 2NOBr(g)
Percobaan | Konsentrasi Awal (M) | Laju Reaksi Awal (M det–1) | |
NO | Br2 | ||
1 | 0,1 | 0,05 | 6 |
2 | 0,1 | 0,10 | 12 |
3 | 0,2 | 0,10 | 24 |
Laju reaksi bila konsentrasi gas NO = 0,01 M dan gas Br2 = 0,03 M adalah .....
Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Laju Reaksi
Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Laju Reaksi