Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Teori Mekanika Kuantum)
10/06/17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN Unggul Pijay
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/1
MateriPokok : Teori Mekanika Kuantum
AlokasiWaktu : 3 Jam Pelajaran (3x45 menit)
A. KompetensiInti
1. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. KompetensiDasardanIndikatorPencapaianKompetensi
KompetensiDasar | IndikatorPencapaianKompetensi |
3.2 Menganalisis perkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan Mekanika Gelombang | 3.2.1 Menjelaskan teori atom mekanika kuantum 3.2.2 Menjelaskan macam bilangan kuantum dan artinya 3.2.3 Menghitung jumlah elektron yang mengisi suatu orbital, subkulit maupun kulit atom |
4.2 Menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan menggunakan model atom | 4.2.1Menggambarkan bentuk-bentuk orbital |
C. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, diharapkan:
1. Setelah mempelajari literatur, siswa dapat menjelaskan sifat dualisme partikel-gelombang yang dikemukakan oleh Louise De Broglie dengan tepat.
2. Setelah mempelajari literatur, siswa dapat menjelaskan asas ketidakpastian yang dikemukakan oleh Werner Heisenberg dengan tepat.
3. Setelah mempelajari literature dan melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan macam bilangan kuantum dengan benar.
4. Setelah mempelajari literature dan melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan arti bilangan kuantum utama (n) dengan benar.
5. Setelah mempelajari literature dan melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan arti bilangan kuantum azimuth (l) dengan benar.
6. Setelah mempelajari literatur, siswa dapat menggambarkan bentuk orbital s, p, dan d dalam bentuk dua dimensi dengan benar.
7. Setelah mempelajari literature dan melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan arti bilangan kuantum magnetik (ml) dengan benar.
8. Setelah mempelajari literature dan melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan arti bilangan kuantum spin (s) dengan benar.
Fokus penguatan karakter:
Kedisiplinan dan kejujuran
D. MateriPembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan Faktual
· Teori Max Planck
Atom-atom dalam suatu zat hanya dapat menyerap atau memancarkan energy pada paket-paket gelombang tertentu yang disebut ‘kuanta’.
· Sifat Dualisme Partikel-Gelombang De Broglie
Elektron memiliki sifat sebagai partikel dan gelombang secara bersamaan.
· Asas Ketidakpastiaan Heisenberg
Posisi dan kecepatan electron tidak dapat ditentukan secara bersamaan.
· Berdasarkan pengamatan Otto Stern dan Walter Gerlach, terdapat dua kemungkinan arah rotasi elektron, yakni searah atau berlawanan dengan arah jarum jam.
Pengetahuan Konseptual
· Penyelesaian dari fungsi gelombang Schrodinger menghasilkan 3 bilangan kuantum yaitu:
− Bilangan kuantu mutama (n), menyatakan ukuran orbital.
− Bilangan kuantum azimuth (l), menyatakan bentuk orbital.
− Bilangan kuantum magnetik (ml), menyatakan orientasi orbital.
Pengetahuan Prosedural
· Menghitungjumlahelektrondalamsuatu orbital, subkulit, maupunkulit atom.
· Menggambarkan bentuk orbitals, p dan d.
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menyusun mind map mengenai teori mekanika kuantum.
3. Materi Pembelajaran Remedial
Menyesuaikan hasil evaluasi.
E. MetodePembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran : Scientific Approach
2. Model Pembelajaran : Guided Discovery Learning
3. Metode pembelajaran : Diskusi, tanyajawab dan penugasan.
F. Media dan Bahan
1. Media Pembelajaran : Ms. Power Point 2013 dan Google Maps
2. Alat Pembelajaran : Laptop, LCD projector, white board
3. Bahan Pembelajaran : Lembar Kerja Siswa (LKPD)
G. Sumber Belajar
Brady, James E. 2009. Chemistry: International Student Version. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Sudarmo, Unggul. 2013. Kimia untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga.
H. Langkah-LangkahPembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
a. Guru member salam.
b. Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran dan mengecek kehadiran siswa.
c. Guru memberikan apersepsi dengan menampilkan deret angka berikut pada power point.
7°47'59.1"S 110°21'09.0"E
Guru bertanya mengenai arti deretan angka tersebut. Jika belum ada siswa yag menjawab dengan benar, guru akan memasukkan angka tersebut pada kolom searchGoogle Maps sehingga muncul gambar berikut.
“Koordinat suatu tempat dapat dinyatakan dalam angka-angka tersebut. Lalu bagaimana menyatakan posisi electron dalam atom? Apakah ada cara untuk menyatakan ‘koordinat’ posisi electron dalam atom?”
d. Guru mengaitkan apersepsi dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu teori atom Bohr dan bertanya mengenai kedudukan electron dalam atom menurut teori atom Bohr.
“Bagaimana kedudukan electron dalam atom menurut teori atom Bohr?”
Siswa diharapkan akan menjawab “Menurut teori atom Bohr, electron mengelilingi inti dalam orbit tertentu yang disebut kulit.”
Apakah kalian bias menyatakan posisi electron dalam bentuk koordinat menurut teori atom Bohr? Jika tidak bisa, mari kita belajar cara menyatakan kemungkinan posisi electron dalam suatu atom menurut teori mekanika kuantum.
e. Guru memotivasi siswa dengan mengemukakan manfaat mempelajari teori mekanika kuantum, yaitu mampu menjelaskan kedudukan dan perilaku electron dalam atom sehingga bias digunakan untuk menjelaskan mengapa atom dapat membentuk ion positif atau negatif, dan sebagainya.
f. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian kognitif melalui post test dan penugasan, penilaian kinerja meliputi penilaian diskusi dan penilaian sikap meliputi kedisiplinan dan kejujuran.
2. Kegiatan Inti (85menit)
a. Guru menjelaskan pada siswa prosedur kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Siswa diorganisasikan dalam kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. Setiap kelompok difasilitasi dengan sebuah LKS.
Sintaks 1 Guided Discovery Learning: Stimulation (5 menit)
Mengamati
Siswa mengamati gambar dan membaca masalah yang terdapat pada bagian Stimulationd alam LKS.
Sintaks 2Guided Discovery Learning: Problem Statement (5 menit)
Menanya
Siswa menuliskan pertanyaan berdasarkan masalah yang telah mereka baca pada bagian Problem Statement dalam LKS. Siswa diharapkan akan mengajukan pertanyaan berikut.
· Teoriapakah yang bias menyempurnakan teori atom Bohr?
· Bagaimana posisi electron dalam atom?
· Bagaimana cara menyatakan kemungkinan posisi electron dalam atom?
Sintaks 3 Guided Discovery Learning: Data Collecting (15menit)
Mengumpulkan data
Siswa mengkaji literature dari berbagai sumber mengenai teori mekanika kuantum.
Sintaks 4 Guided Discovery Learning: Data Processing (25menit)
Mengasosiasi
Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk bertukar informasi dan membuatin ferensi, dan menganalisis jawaban pertanyaan dalam LKS.
Sintaks 5 Guided Discovery Learning: Verification (40menit)
Mengkomunikasikan
a. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas, kelompok lain mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan.
b. Guru memberikan feedbac kterhadap presentasi siswa yang telah dilakukan.
Sintaks 5 Guided Discovery Learning: Generalization (5menit)
Siswa menarik kesimpulan berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan menuliskannya pada bagian Generalization dalam LKS
3. Penutup (30menit)
a. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan mengenai materi teori mekanika kuantum dan bilangan kuantum dengan menayangkan power point yang merupakan jawaban LKS.
b. Guru memberikan post test secara tertulis untuk mengecek pemahaman mengenai teori mekanika kuantum
c. Siswa diminta untuk mempelajari materi selanjutnya mengenai diagram orbital dan penentuan bilangan kuantum.
a. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
I. PENILAIAN
Ranah | Teknik | BentukInstrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
Sikap | Observasi | Lembar Observasi | Kedisiplinan dan Kejujuran | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) |
Pengetahuan | TesTertulis | 5 butir soal uraian | Setelah pembelajaran usai | Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) | |
Keterampilan | Observasi | Lembar Observasi | Kerja sama dalam kelompok, antusias medalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) |
Mengetahui, Kepala SMAN Unggul Pijay | Guru Mata Pelajaran Zainal Abidin, S.Pd |