Download RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 3 Sub Tema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
27/12/18
RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 3 Sub Tema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018 |
Interaksi merupakan ciri utama dari kegiatan pembelajaran, baik antara yang belajar dengan lingkungan belajarnya, baik itu guru, tema 12 temannya, tutor, media pembelajaran, atau sumber-sumber belajar yang lain. Ciri lain dari pembelajaran adalah yang berhubungan dengan komponen-komponen pembelajaran. Sumiati dan Asra (2009: 3) mengelompokkan komponen-komponen pembelajaran dalam tiga kategori utama, yaitu: guru, isi atau materi pembelajaran, dan siswa. Interaksi antara tiga komponen utama melibatkan metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penataan lingkungan tempat belajar, sehingga tercipta situasi pembelajaran yang memungkinkan terciptanya tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
Lihat :
Download Aplikasi Administrasi Sekolah Untuk Guru Gratis Format Microsoft Excel
Soal dan Kunci Jawaban UAS Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Semester 1
bersangkutan dengan berhasil. Tujuan pembelajaran memang perlu dirumuskan dengan jelas, karena perumusan tujuan yang jelas dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan dari proses pembelajaran itu sendiri. Tujuan pembelajaran tercantum dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP merupakan komponen penting dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan yang pengembangannya harus dilakukan secara profesional. Menurut E. Mulyasa (2010: 222) berikut ini adalah cara pengembangan RPP dalam garis besarnya.
1)Mengisi kolom identitas
2)Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan.
3)Menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar,
serta indikator yang akan digunakan yang terdapat dalam silabus yang telah disusun.
4)Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta indikator yang telah ditentukan.
5)Mengidentifikasi materi standar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
6)Menentukan metode pembelajaranyang akan digunakan.
7)Menentukan langkah-langkah pembelajaran.
8)Menentukan sumber belajar yang akan digunakan.
9)Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan teknik penskoran.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, sera indikator yang telah ditentukan.
2)Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan.
3)Menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar,
serta indikator yang akan digunakan yang terdapat dalam silabus yang telah disusun.
4)Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta indikator yang telah ditentukan.
5)Mengidentifikasi materi standar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
6)Menentukan metode pembelajaranyang akan digunakan.
7)Menentukan langkah-langkah pembelajaran.
8)Menentukan sumber belajar yang akan digunakan.
9)Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan teknik penskoran.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, sera indikator yang telah ditentukan.
RPP yang kami bagikan yaitu terdapat di bawah ini.
Tersedia RPP yang lainnya di bawah ini.
Download RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
Download RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
Download RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
Demikianlah materi administrasi yang dapat kami bagikan terkait dengan RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 3 Sub Tema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018. Semoga bermanfaat.