Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013
24/03/19
Blog SoalSiswa pada kesempatan ini akan menulis tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar / Madarsah Ibtidaiyah (SD/MI) secara lengkap mulai dari Kelas I, II, III, IV, V dan VI Semester Ganjil dan Semester Genap muatan Kurikulum 2013.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI
KURIKULUM 2013
KELAS I
Kompetensi Sikap Spirituan, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu :
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SOSIAL) |
1. menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar al-Qur’an | 2.1 menunjukkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya |
1.2 terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil | 2.2 menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas |
1.3 menerima adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang | 2.3 menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi pemahaman adanya Allah Swt. |
1.4 menerima keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | 2.4 menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt. |
1.5 menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja | 2.5 menunjukkan sikap kasih sayang, peduli, kerja sama, dan percaya diri sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: ar-Rahman, ar Rahim, dan al-Malik |
1.6 menerima dan mengakui makna dua kalimat syahadat | 2.6 menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna dua kalimat syahadat |
1.7 terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar | 2.7 menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman makna doa sebelum dan sesudah belajar |
1.8 meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman | 2.8 menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru |
1.9 meyakini bahwa berkata yang baik, sopan, dan santun sebagai cerminan dari iman | 2.9 menunjukkan sikap yang baik, sopan, dan santun ketika berbicara |
1.10 meyakini bahwa bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri sebagai cerminan dari iman | 2.10 menunjukkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri |
1.11 terbiasa bersuci sebelum beribadah | 2.11 menunjukkan perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci |
1.12 menjalankan salat dengan tertib | 2.12 menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman salat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan |
1.13 meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s. | 2.13 menunjukkan sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
1.14 meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s. | 2.14 menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
1.15 meyakini kebenaran kisah Nabi Nuh a.s. | 2.15 menunjukkan sikap kerja keras dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
1.16 meyakini kebenaran kisah Nabi Hud a.s. | 2.16 menunjukkan sikap sopan dan santun sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
1.17 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. | 2.17 menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3. memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap | 4.1 melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap |
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas | 4.2.1 melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas 4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas |
3.3 memahami adanya Allah Swt. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang | 4.3 menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang |
3.4 memahami keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | 4.4 menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah |
3.5 memahami makna al-Asmau al Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik | 4.5 melafalkan al-Asmau al-Husna: ar Rahman, ar-Rahim, danal-Malik |
3.6 memahami makna dua kalimat syahadat | 4.6 melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas |
3.7 memahami makna doa sebelum dan sesudah belajar | 4.7 melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas |
3.8 memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru | 4.8 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru |
3.9 memahami berkata yang baik, sopan, dan santun | 4.9 mencontohkan cara berkata yang baik, sopan, dan santun |
3.10 memahami makna bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri | 4.10 mencontohkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri |
3.11 memahami tata cara bersuci | 4.11 mempraktikkan tata cara bersuci |
3.12 memahami salat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan | 4.12.1melaksanakan salat dan kegiatan agama di sekitar rumahnya melalui pengamatan 4.12.2mencontohkan kegiatan agama di sekitar rumahnya |
3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s. | 4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
3.14 memahami kisah keteladanan Nabi Idris a.s. | 4.14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. | 4.15 menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
3.16 memahami kisah keteladanan Nabi Hud a.s. | 4.16 menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
3.17 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. | 4.17 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
KELAS II
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS II SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS III
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS III SD/MI KURIKULUM 2013 |
Kami rekomndasikan :
KELAS IV
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS V
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS VI
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SOSIAL) |
1. menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 2. menunjukkan perilaku ujur,Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air |
1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil | 2.1 menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman Q.S. al Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 |
1.2 meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Maha Kekal | 2.2 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi |
1.3 meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi pemahaman Rukun Iman | 2.3 menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir |
1.4 menyakini adanya qadha dan qadar | 2.4 menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qadha dan qadar |
1.5 meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga sebagai cerminan dari iman | 2.5 menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga |
1.6 meyakini bahwa sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari iman | 2.6 menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama |
1.7 menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam | 2.7 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
1.8 meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus a.s. | 2.8 menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yunus a.s. |
1.9 meyakini kebenaran kisah Nabi Zakariya a.s. | 2.9 menunjukkan sikap kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Zakariya a.s. |
1.10 meyakini kebenaran kisah Nabi Yahya a.s. | 2.10 menunjukkan sikap patuh dan taat sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s. |
1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Isa a.s. | 2.11 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Isa a.s. |
1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw | 2.12 menunjukkan sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw |
1.13 meyakini kebenaran kisah sahabat sahabat Nabi Muhammad saw | 2.13 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
1.14 meyakini kebenaran kisah Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an | 2.14 menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4. menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan benar | 4.1.1 membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan benar 4.1.2 menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan benar 4.1.3 menunjukkan hafalan Q.S. Al Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar |
3.2 memahami makna al-Asmau al Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al-Baqi | 4.2 membaca al-Asmau al-Husna: As Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi dengan jelas dan benar |
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia | 4.3 menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
3.4 memahami hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia | 4.4 menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
3.5 memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga | 4.5 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga |
3.6 memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun | 4.6 menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun |
3.7 memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam | 4.7 menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
3.8 memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. | 4.8 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
3.9 memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. | 4.9 menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. |
3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. | 4.10 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. |
3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s. | 4.11 menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw. | 4.12 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3.13 memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. | 4.13 menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
3.14 memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an | 4.14 menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
Silahkan unduh / download filenya di bawah ini.
Demikianlah tentang KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Intidaiyah mulai Kelas 1 sampai kelas VI kami sajikan secara lengkap.
Atas perhatian dengan kunjungannya terhadap blog Blog SoalSiswa ini, kami ucapkan terima kasih.