Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013

Blog SoalSiswa pada kesempatan ini akan menulis tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar / Madarsah Ibtidaiyah (SD/MI) secara lengkap mulai dari Kelas I, II, III, IV, V dan VI Semester Ganjil dan Semester Genap muatan Kurikulum 2013.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI
KURIKULUM 2013
KELAS I
Kompetensi Sikap Spirituan, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu :

KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SOSIAL)
1. menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 terbiasa membaca basmalah setiap
memulai belajar al-Qur’an
2.1 menunjukkan sikap percaya diri
dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya
1.2 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartil
2.2 menunjukkan sikap kasih sayang
dan peduli kepada sesama sebagai
implementasi pemahaman Q.S. al
Fatihah
dan Q.S. al-Ikhlas
1.3 menerima adanya Allah Swt. yang
Maha Pengasih dan Maha Penyayang
2.3 menunjukkan perilaku percaya diri
sebagai implementasi pemahaman adanya Allah Swt.
1.4 menerima keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
2.4 menunjukkan perilaku percaya diri
sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt.
1.5 menerima adanya Allah Swt. Maha
Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja
2.5 menunjukkan sikap kasih sayang,
peduli, kerja sama, dan percaya diri
sebagai implementasi pemahaman
al-Asmau al-Husna: ar-Rahman, ar
Rahim
, dan al-Malik
1.6 menerima dan mengakui makna dua kalimat syahadat
2.6 menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna dua kalimat syahadat
1.7 terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar
2.7 menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman makna doa sebelum dan sesudah belajar
1.8 meyakini bahwa perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman
2.8 menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
1.9 meyakini bahwa berkata yang baik,
sopan, dan santun sebagai cerminan dari iman
2.9 menunjukkan sikap yang baik, sopan, dan santun ketika berbicara

1.10 meyakini bahwa bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri sebagai cerminan dari iman
2.10 menunjukkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri
1.11 terbiasa bersuci sebelum beribadah
2.11 menunjukkan perilaku bersih
badan, pakaian, barang-barang,
dan tempat sebagai implementasi
pemahaman makna bersuci
1.12 menjalankan salat dengan tertib
2.12 menunjukkan sikap disiplin
sebagai implementasi pemahaman
salat dan kegiatan agama yang
dianutnya di sekitar rumahnya
melalui pengamatan
1.13 meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s.
2.13 menunjukkan sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
1.14 meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s.
2.14 menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
1.15 meyakini kebenaran kisah Nabi Nuh a.s.
2.15 menunjukkan sikap kerja keras dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
1.16 meyakini kebenaran kisah Nabi
Hud a.s.
2.16 menunjukkan sikap sopan dan santun sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
1.17 meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw.
2.17 menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

3. memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia

3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.1 melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
4.2.1 melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.3 memahami adanya Allah Swt. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
4.3 menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
3.4 memahami keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
4.4 menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.5 memahami makna al-Asmau al Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik
4.5 melafalkan al-Asmau al-Husna: ar Rahman, ar-Rahim, danal-Malik
3.6 memahami makna dua kalimat syahadat
4.6 melafalkan dua kalimat syahadat
dengan benar dan jelas
3.7 memahami makna doa sebelum dan sesudah belajar
4.7 melafalkan doa sebelum dan
sesudah belajar dengan benar dan
jelas
3.8 memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.8 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3.9 memahami berkata yang baik, sopan, dan santun
4.9 mencontohkan cara berkata yang baik, sopan, dan santun
3.10 memahami makna bersyukur,
pemaaf, jujur, dan percaya diri
4.10 mencontohkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri
3.11 memahami tata cara bersuci
4.11 mempraktikkan tata cara bersuci
3.12 memahami salat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.12.1melaksanakan salat dan kegiatan agama di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.12.2mencontohkan kegiatan agama di sekitar rumahnya
3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.14 memahami kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.15 menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.16 memahami kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
4.16 menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
3.17 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.


KELAS II
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
[SoalSiswa.blogspot.com] KI DAN KD PAI KELAS II SD/MI KURIKULUM 2013,
KI DAN KD PAI KELAS II SD/MI KURIKULUM 2013
KELAS III
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

[SoalSiswa.blogspot.com] KI DAN KD PAI KELAS III SD/MI KURIKULUM 2013,
KI DAN KD PAI KELAS III SD/MI KURIKULUM 2013
Kami rekomndasikan :
KELAS IV
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

[SoalSiswa.blogspot.com] KI DAN KD PAI KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013,
KI DAN KD PAI KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013
KELAS V
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
[SoalSiswa.blogspot.com] KI DAN KD PAI KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013,
KI DAN KD PAI KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013
KELAS VI
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SOSIAL)
1. menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang
dianutnya
2. menunjukkan perilaku ujur,Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air

1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartil
2.1 menunjukkan perilaku toleran,
simpati, waspada, berbaik sangka,
dan hidup rukun sebagai
implementasi pemahaman Q.S. al
Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3
dan
Q.S. al- Hujurat/49:12-13
1.2 meyakini adanya Allah Swt. tempat
meminta, Maha Berkuasa, Maha
Mendahulukan, dan Maha Kekal
2.2 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi
1.3 meyakini adanya hari akhir sebagai
implementasi pemahaman Rukun
Iman
2.3 menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir
1.4 menyakini adanya qadha dan qadar
2.4 menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang
mencerminkan iman kepada qadha
dan qadar
1.5 meyakini bahwa perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua, guru,
dan sesama anggota keluarga sebagai cerminan dari iman
2.5 menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga
1.6 meyakini bahwa sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama sebagai
cerminan dari iman
2.6 menunjukkan sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama
1.7 menjalankan kewajiban berzakat
sebagai implementasi pemahaman
rukun Islam
2.7 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
1.8 meyakini kebenaran kisah Nabi
Yunus a.s.
2.8 menunjukkan sikap tanggung
jawab sebagai implementasi
pemahaman kisah keteladan Nabi
Yunus a.s.
1.9 meyakini kebenaran kisah Nabi
Zakariya a.s.
2.9 menunjukkan sikap kasih sayang
sebagai implementasi pemahaman
kisah keteladan Nabi Zakariya a.s.

1.10 meyakini kebenaran kisah Nabi
Yahya a.s.
2.10 menunjukkan sikap patuh dan taat sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s.
1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Isa
a.s.
2.11 menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi pemahaman kisah
keteladan Nabi Isa a.s.
1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw
2.12 menunjukkan sikap semangat
dalam belajar sebagai implementasi
pemahaman kisah keteladan Nabi
Muhammad saw
1.13 meyakini kebenaran kisah sahabat
sahabat Nabi Muhammad saw
2.13 menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi pemahaman kisah
keteladan sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw.
1.14 meyakini kebenaran kisah Ashabul
Kahfi sebagaimana terdapat dalam
al-Qur’an
2.14 menunjukkan sikap teguh
pendirian sebagai implementasi
pemahaman kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana
terdapat dalam al-Qur’an

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda
benda yang dijumpainya di rumah,
di sekolah dan tempat bermain
4. menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia

3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun,
Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al
Hujurat/49:12-13
dengan benar
4.1.1 membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan
benar 4.1.2 menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al
Hujurat
/49:12-13 dengan benar
4.1.3 menunjukkan hafalan Q.S. Al
Kafirun
, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan
Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
3.2 memahami makna al-Asmau al
Husna: As-
Samad, Al-Muqtadir, Al
Muqaddim,
dan Al-Baqi
4.2 membaca al-Asmau al-Husna: As
Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim,
dan Al-Baqi dengan jelas dan benar
3.3 memahami hikmah beriman kepada
hari akhir yang dapat membentuk
perilaku akhlak mulia
4.3 menunjukkan contoh hikmah
beriman kepada hari akhir yang
dapat membentuk perilaku akhlak
mulia


3.4 memahami hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat
membentuk perilaku akhlak mulia
4.4 menunjukkan hikmah beriman
kepada qadha dan qadar yang
dapat membentuk perilaku akhlak
mulia
3.5 memahami perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua, guru, dan
sesama anggota keluarga
4.5 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga
3.6 memahami sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama sebagai
wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun
4.6 menunjukkan sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama sebagai
wujud dari pemahaman Q.S. al
Kafirun
3.7 memahami hikmah zakat, infaq,
dan sedekah sebagai implementasi
rukun Islam
4.7 menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
3.8 memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.8 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yunus a.s.
3.9 memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
4.9 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Zakariya a.s.
3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.10 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yahya a.s.
3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
4.11 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Isa a.s.
3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw.
4.12 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw.
3.13 memahami kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
4.13 menceritakan kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad
saw.
3.14 memahami kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an
4.14 menceritakan kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an


Silahkan unduh / download filenya di bawah ini.
Demikianlah tentang KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Intidaiyah mulai Kelas 1 sampai kelas VI kami sajikan secara lengkap.
Atas perhatian dengan kunjungannya terhadap blog Blog SoalSiswa ini, kami ucapkan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel