Unduh Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 Lengkap
23/04/19
Setiap Semester pihak sekolah akan melaporkan hasil belajar peserta didiknya kepada seluruh orang tua/wali muridnya, yang sering disebut dengan istilah Laporan Hasil Pembelajaran Peserta Didik.
Dalam pengisian laporan hasil belajar siswa seorang guru harus mengacu kepada aturan yang sesuai dengan petunjuk.
Adapun petunjuk dalam isi raport tersebut secara umum diantaranya yaitu :
PETUNJUK
- Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik, merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Laporan perkembangan dan hasil Pencapaian Kompetensi peserta didik secara rinci, disajikan dalam portofolio yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini.
- Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dipergunakan selama peserta didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar;
- Apabila pindah sekolah, buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini dibawa oleh yang bersangkutan untuk dipergunakan di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
- Apabila buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini hilang, dapat diganti dengan Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
- Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto (3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas;
- Laporan penilaian memuat hasil Pencapaian Kompetensi yang disajikan secara deskriptif untuk masing-masing kompetensi inti.
- Laporan perkembangan fisik diisi dengan data kondisi peserta didik berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan guru bekerjasama dengan pihak lain yang relevan.
- Laporan kondisi kesehatan diisi dengan deskripsi hasil pemeriksaan yang dilakukan guru, bekerjasama dengan tenaga kesehatan atau puskesmas terdekat.
- Kolom ketidakhadiran diisi dengan data akumulasi ketidakhadiran siswa, baik karena sakit, izin, maupun tanpa keterangan dalam satu semester.
IDENTITAS PESERTA DIDIK
1. Nama Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
2. Nomor Induk | : | ……………………………………………………………… |
3. Tempat,Tanggal Lahir | : | ……………………………………………………………… |
4. Jenis Kelamin | : | ……………………………………………………………… |
5. Agama | : | ……………………………………………………………… |
6. Pendidikan sebelumnya | : | ……………………………………………………………… |
7. Alamat Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
8. Nama Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
a. Ayah | : | ……………………………………………………………… |
b. Ibu | : | ……………………………………………………………… |
9. Pekerjaan Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
a. Ayah | : | ……………………………………………………………… |
b. Ibu | : | ……………………………………………………………… |
10. Alamat Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
Jalan | : | ……………………………………………………………… |
Kelurahan/Desa | : | ……………………………………………………………… |
Kecamatan | : | ……………………………………………………………… |
Kabupaten/Kota | : | ……………………………………………………………… |
Provinsi | : | ……………………………………………………………… |
11. Wali Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
a. Nama | : | ……………………………………………………………… |
b. Pekerjaan | : | ……………………………………………………………… |
c. Alamat | : | ……………………………………………………………… |
Pas poto .................., 15 Juni 2019
3 x 4 cm Kepala Sekolah,
..........................
NIP.
Petunjuk Pengisian Buku Raport Kurikulum 2013
Mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian berbunyi bahwa Hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orangtua dan Pemerintah.
Pada Standar Penilaian Pendidikan disebutkan bahwa Laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk: (1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu (2) deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial (3) Penilaian oleh masing-masing pendidik tersebut secara keseluruhan selanjutnya dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah. Untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyusun Buku Raport untuk SD beserta Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada jenjang Sekolah Dasar diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengisi format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum 2013.
Penilaian oleh pendidik pada dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar peserta didik.
Proses pembelajaran dan penilaian difokuskan pada tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kurikulum 2013 tiga ranah tersebut dijabarkan menjadi empat kompetensi inti yaitu kompetensi inti 1 (satu) sikap spiritual, kompetensi inti 2 (dua) sikap sosial, kompetensi inti 3 (tiga) pengetahuan, dan kompetensi inti 4 (empat) keterampilan.
Pada Standar Penilaian Pendidikan disebutkan bahwa Laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk: (1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu (2) deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial (3) Penilaian oleh masing-masing pendidik tersebut secara keseluruhan selanjutnya dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah. Untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyusun Buku Raport untuk SD beserta Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada jenjang Sekolah Dasar diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengisi format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum 2013.
Penilaian oleh pendidik pada dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar peserta didik.
Proses pembelajaran dan penilaian difokuskan pada tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kurikulum 2013 tiga ranah tersebut dijabarkan menjadi empat kompetensi inti yaitu kompetensi inti 1 (satu) sikap spiritual, kompetensi inti 2 (dua) sikap sosial, kompetensi inti 3 (tiga) pengetahuan, dan kompetensi inti 4 (empat) keterampilan.
Penilaian Sikap Spiritual KI-1
Penilaian Sikap Sosial KI-2
Penilaian Pengetahuan KI-3
Penilaian Keterampilan KI-4
Penilaian Sikap
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang:
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek sikap anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2).
- Usaha pengembangan kemampuan pada aspek sikap anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek sikap, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek sikap.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil observasi dan wawancara.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil observasi dan wawancara.
Contoh pengisian aspek Sikap
Aspek | Deskripsi |
Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya | · diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru | · diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya |
Penilaian Pengetahuan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang:
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 3 (KI 3).
- Usaha pengembangan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek pengetahuan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek pengetahuan.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester).
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester).
Penilaian Keterampilan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang:
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 3 (KI 3).
- Usaha pengembangan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek pengetahuan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek pengetahuan.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester).
Contoh pengisian aspek: Pengetahuan Kelas I semester 2 (dua) dapat dilihat pada aplikasi yang akan admin bagikan ini.
PENILAIAN KOKURIKULER DAN EKSTRA KURIKULER
PERKEMBANGAN FISIK/KESEHATAN
Selengkapnya mari lihat gambaran untuk aplikasi raport Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kelas Semester 2 Lengkap Revisi 2018 yang kami update dengan mulok Bahasa Jawa.
Mari lihat video Tutorial Aplikasi Raport Kurikulum 2013 di bawah ini.
Download Videonya Disini
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
- Aplikasi ini menggunakan INPUT nilai yang sudah matang yaitu nilai rata-rata dari analisa persubtema dari tiap2 KD
- Isikan DATA pada TABEL yang berwarna PUTIH untuk warna selain PUTIH sebaiknya dihindari untuk di edit (kecuali bagi yang paham FORMULA EXCEL)
- Untuk Mata pelajaran dan KD bisa DIGANTI bila di RAPORT ada baris Mata Pelajaran yang tidak dipakai silakan di DELETE saja
- Bila ada kesulitan bisa hubungi pada sumbernya di sini
Tampilan muka Aplikasi Raport K13 Kelas 1 SD Lengkap hasil revisi tahun 2018
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 Lengkap |
Lihat juga :
UNDUH, DOWNLOAD FORMAT LENGKAP SERTIFIKAT HASIL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) SEKOLAH DASAR (SD) TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Download Permendikbud No. 33 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru PNSD
Inilah Kumpulan Buku Petunjuk Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawai (SAPK) BKNDemikianlah yang dapat kami tulis pada saat ini. Semoga bermanfaat.