RPP Bilangan Kuantum 2017
06/08/17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri .............
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Struktur Atom
A. Kompetensi Inti
KI 1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Menganalisis perkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan Mekanika Gelombang 4.2 Menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan menggunakan model atom. | 3.2.1 Mengidentifikasi bilangan kuantum 3.2.2 Menentukan bilangan kuantum n, l, m, dan s. 4.2.1 Mempresentasikan hasil diskusi LKS mengenai bilangan kuantum |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah berdiskusi kelompok dan mengkaji literatur, siswa dapat menyebutkan bilangan kuantum dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi kelompok dan mengkaji literatur, siswa dapat menentukan bilangan kuantum dengan tepat.
3. Setelah berdiskusi kelompok dan mengkaji literatur, siswa dapat menjelaskan kulit dan subkulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum dengan tepat.
4. Setelah berdiskusi kelompok dan mengkaji literatur, siswa terampil presentasi.
Fokus karakter: Tanggung jawab dan disiplin
D. Materi Pembelajaran
No | Pengetahuan | Materi Pembelajaran |
1 | Faktual | · Elektron memiliki 4 bilangan kuantum yaitu n, l, m, dan s |
2 | Konsep | · Orbital adalah ruang di mana terdapat kebolehjadian yang lebih tinggi untuk menemukan suatu elektron. · Prinsip ketidakpastian Werner Heisenberg tentang dualisme partikel gelombang sehingga letak dan kecepatan elektron tidak dapat dipastikan secara serentak (ketidakpastian letak elektron). · Teori atom mekanika kuantum: a. Posisi elektron dalam atom tidak dapat ditentukan dengan pasti. b. Atom mempunyai kulit elektron. c. Setiap kulit elektron memiliki subkulit elektron. d. Setiap subkulit elektron memiliki sub-sub kulit elektron. |
3 | Prosedural | · Menentukan bilangan kuantum |
4 | Materi Remidial | · Materi yang belum dikuasai oleh siswa |
5 | Materi Pengayaan | · Kemungkinan bilangan kuantum suatu elektron yang menempati orbital atau suborbital tertentu |
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran : Scientific Learning (K13)
Metode pembelajaran : Diskusi, tanya jawab dan penugasan
F. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media Pembelajaran : Ms. Power Point 2007.
2. Alat Pembelajaran : Laptop, LCD projector, white boarding.
3. Bahan Pembelajaran :Lembar kerja siswa(LKS), bahan ajar.
4. Sumber Belajar :
Johari, J. M. C., Rachmawati, M,. 2009. Kimia 2 SMA dan MA untuk kelas XI. Jakarta : Esis.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Guru memberi salam. 2. Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran dan mengecek kehadiran siswa. 3. Guru memberikan apersepsi: Apersepsi : Guru menunjukkan sebuah gambar: Gambar 1 : Pedesaan “Anak-anak kalian tentunya tinggal di sebuah rumah, jika kawanmu ingin bermain ke rumahmu, tentunya kamu akan menyebutkan alamatnya kan? Apa yang akan terjadi apabila alamat yang kalian sebutkan salah? Biasanya alamat akan terdiri dari apa saja? Pasti kalian akan menyebutkan nomer rumah, nama RT, RW, nama desa, nama kecamatan sampai nama kabupaten dan provinsi. Nah pernah kah kalian berpikir dimana letak suatu elektron dalam suatu atom? Bisakah kita mencarinya dengan menentukan ‘alamat’ dari elektron tersebut anak-anak?” Apakah yang di maksud dengan kulit, subkulit, magnetik, dan spin? Bagaimana hubungan antara keempatnya? Topik: “Kalau begitu, mari kita mencari tahu, hari ini kita akan mempelajari tentang bilangan kuantum pada atom.” 4. Guru menyampaikan motivasi dengan memberikan gambaran manfaat mempelajari bilangan kuantum, “anak-anak manfaat dalam mempelajari bilangan kuantum yaitu kalian akan mengetahui letak atau “alamat elektron” dalam suatu atom, kita bisa mengetahui kulit dimana orbital berada, mengetahui bentuk orbital, mengetahui arah rotasi dari elektron. 5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, dan teknik penilaian yang akan digunakan | 5 menit |
Inti Kegiatan | 1. Guru memfasilitasi siswa untuk membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang. 2. Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok. 3. Siswa belajar berkelompok dengan pendekatan saintifik sebagaimana LKS. a. Mengamati (Observing) Siswa mengamati gambar yang ditampilkan pada slide: Gambar 2: Orbital s, p, d, dan f Guru memandu siswa untuk mengidentifikasi dan menganalisis pertanyaan atau masalah-masalah esesial sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. b. Menanya (Questioning) Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar yang ditampilkan, “Mengapa bentuk dari antar warna pada gambar berbeda-beda? Mengapa jumlah bentuk dari masing-masing warna berbeda? Siswa mengajukan pertanyaan berkaitan dengan bilangan kuantum, “Dimana kemungkinan keberadaan elektron dalam orbital?” “Mengapa elektron-elektron yang terdapat dalam atom tidak saling bertabrakan?” Menurut teori mekanika kuantum, kedudukan elektron tidak dapat diketahui secara pasti. Bagaimana cara untuk mengetahui dimana kemungkinan elektron berada dalam suatu atom? Apa yang dimaksud dengan bilangan kuantum? Ada berapa jenis bilangan kuantum yang harus kita tentukan, sebutkan! c. Mengumpulkan data (Experimenting) Siswa dengan bantuan guru merencanakan prosedur pengumpulan data dengan cara: 1. Membaca buku materi yang berhubungan dengan bilangan kuantum untuk memperoleh data yang lebih lengkap 2. Mendiskusikan lembar kerja siswa. d. Mengasosiasi (Associating) Guru mengarahkan peserta didik untuk mengolah informasi yang didapat berdasarkan pertanyaan yang terdapat di LKS. Siswa secara berkelompok menjawab pertanyaan yang tertera pada LKS. Menyimpulkan bahwa kedudukan atau posisi elektron dapat diketahui dari nilai keempat bilangan kuantumnya. e. Mengkomunikasikan (Communicating) 1. Mempresentasikan hasil yang di peroleh dari literatur dan diskusi teman satu kelompok 2. Peserta didik diberi latihan soal tentang cara menentukan bilangan kuantum elektron dalam suatu atom. 3. Peserta didik bersama guru membahas jawaban dari soal. | 5menit 5menit 5menit 10menit 10menit |
Kegiatan Akhir | 1. Guru menyimpulkan materi bilangan kuantum yang telah dipelajari 2. Guru mengadakan penilaian terhadap aktivitas dan hasil kerja siswa 3. Guru menginformasikan dan memberikan tugas baca terkait materi pada pertemuan berikutnya yaitu konfigurasi elektron 4. Doa dan salam penutup. | 10 menit |
H. PENILAIAN
Aspek | Prosedur | Instrumen | Keterangan |
Sosial | -Observasi | - Lembar Observasi | - Fokus kepada sikap tanggung jawab dan Disiplin |
Pengetahuan | - Evaluasi mandiri - Diskusi kelompok | - Soal Evaluasi - LKS | - 10 Soal pilihan ganda - 4 soal C1 dan 6 Soal C2 - Terlampir |
Keterampilan | - Kinerja presentasi (Hasil diskusi) | - Lembar observasi - Rubrik kinerja presentasi (Hasil diskusi) | - Ketrampilan presentasi mencakup: kemampuan presentasi, ketepatan menjawab pertanyaan, kemampuan menyampaikan pendapat, dan ketrampilan membuat simpulan |
Wates, Februari 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………………. Hana Nuraeni