RPP Perkembangan Teori Atom
06/08/17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Perkembangan Teori Atom
Alokasi Waktu :1 JP (1 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.2 Menganalisisperkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, danMekanikaGelombang | 3.2.1 Mendeskripsikan model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr. 3.2.2 Membedakan teoriatom Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr. 3.2.3 Menjelaskan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom |
4.2 Menjelaskan fenomena alam atauhasil percobaan menggunakanmodel atom | 4.2.1 Membuat gambar model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca literatur siswadapat mendeskripsikanteoriatom Dalton dengan benar.
2. Setelah membaca literatursiswadapat mendeskripsikanteoriThomson dengan benar
3. Setelah membaca literatursiswadapat mendeskripsikanteori Bohr dengan benar
4. Setelah membaca literatursiswadapat menjelaskan perbedaan teoriatom Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr secara tepat.
5. Setelah berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahan teori atom Dalton dengan benar
6. Setelah berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahanteori atom Thomson dengan benar
7. Setelah berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahan teori atom Rutherford dengan benar
8. Setelah berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahan teori Bohr dengan benar
9. Setelah berdiskusisiswadapat membuatgambarmodel atom Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr dengan benar.
Fokus pengembangan karakter : Keingintahuan, Kerjasama
D. MateriPembelajaran
1. Materi Pokok
Pengetahuan | Materi Pelajaran |
Faktual | - Setiap materi mengandung atom - Di dalam atom ada partikel-partikel subatom |
Konseptual | - Teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Bohr |
Prosedural | - Perkembangan teori atom |
Metakogntif | |
2. MateriRemidial
Materi yang yang belum dikuasai oleh siswa
3. MateriPengayaan
Mempelajari teori penemuan elektron
E. StrategiPembelajaran
Pendekatan : Scientific
MetodePembelajaran : Diskusi, Penugasan
F. Media dan Bahan
1. Media
Powerpoint
2. Bahan Ajar
LKS
G. Sumber Belajar
Rahayu, Imam. 2009. Kimia 1 : Untuk SMA/MA Kelas X : Jakarta :Departemen Pendidikan Nasional
Unggul Sudarmo. 2013. Kimia untuk SMA/MA Kelas X: Erlangga
Utami, Budi, dkk, 2009, Kimia untuk SMA/MA Kelas X : Departemen Pendidikan Nasional
H. Langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | Persiapan - Siswa merespon salam dn pertanyaan dariguru berhubungan kondisi dan absensi. Apersepsi - Pernah kalian membelah suatu benda terus menerus sampai tidak dapat dipecah lagi? - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Guru membagi siwa menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang | 5 menit |
Inti | a. Mengamati (Observing) - Siswamengamatigambar model atom yang ditunjukkan guru b. Menanya (Questioning) - Guru memfasilitasidan mengarahkan siswauntukmengajukanpertanyaan - Guru mengajaksiswauntukaktifberdiskusitentanggambar yang diberikan. - Siswa mengajukan pertanyaan berkaitan dengan model atom c. Mengumpulkan Data (Experimenting) - Siswamembacareferensitentangperkembangan model atom dari sumber belajar yang dimiliki - Guru mebagikan LKS untuk didiskusikan d. Mengasosiasi (Associating) - Siswa berdiskusi dan mengolah data hasil diskusi - Siswa menuliskan poin-poin penting hasil diskusi - Guru membantu kelompok yang mengalami kesulitan - Guru melakukan penilaian sikap e. Mengkomunikasikan (Communicating) - Salah satukelompok dimintamempresentasikanhasil diskusi didepan kelas - siswa lain menanggapi presentasi yang disampaikan - Guru memberikan penguatan pada konsep | 30 menit |
Penutup | - Guru bersamadengansiswamembuatkesimpulantentangperkembangan model atom - Guru memberikan kuis - Guru memberikantugasuntukdikerjakan dirumah | 10menit |
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Ranah | Teknik | Bentuk | Instrumen |
Sikap | Non tes | Observasi | Lembarobservasi |
Pengetahuan | Tes | Testertulis | Pilihanganda dan uraian |
Yogyakarta,
Guru Pamong Guru Kimia
........................ .........................